GAME AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS

IRLIANDO, AHMAD RIFKI (2023) GAME AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18312238.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18312238.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118312238.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218312238.pdf - Published Version

Download (950kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312238.pdf - Bibliography

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi sebuah game augmented reality (AR) yang bertujuan untuk membantu siswa SD Negeri 2 Gunung Terang dalam memahami rambu-rambu lalu lintas. Game AR dirancang sebagai alat pembelajaran interaktif yang memungkinkan siswa untuk mengenali dan memahami rambu-rambu lalu lintas secara menyenangkan dan efektif. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis kebutuhan pendidikan di SD Negeri 2 Gunung Terang, pengembangan game AR, dan evaluasi hasil penggunaan game tersebut oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game AR berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang rambu-rambu lalu lintas dengan tingkat partisipasi yang tinggi. Selain itu, game ini juga dianggap menyenangkan oleh siswa, yang membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Penelitian ini menyediakan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan di sekolah dasar dengan memanfaatkan teknologi AR sebagai alat pembelajaran inovatif. Diharapkan Game AR yang dibuat memanfaatkan pengenalan gambar untuk mendeteksi rambu lalu lintas di sekitar pengguna dan menampilkan informasi terkait secara interaktif. Tujuan utama permainan ini adalah meningkatkan pemahaman pengguna terhadap arti dan aturan yang terkandung dalam rambu lalu lintas melalui pengalaman belajar yang menyenangkan dan terlibat. hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pihak-pihak yang tertarik dalam mengintegrasikan teknologi AR dalam pembelajaran rambu-rambu lalu lintas atau bidang pendidikan lainnya.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: game augmented reality, AR, rambu-rambu lalu lintas, teknologi, referensi, inovatif
Subjects: INFORMATIKA > TP Chemical technology
TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 13 Jan 2024 01:35
Last Modified: 13 Jan 2024 01:35
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5497

Actions (login required)

View Item View Item