PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA N 2 KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

MAULIYA, INTAN (2023) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA N 2 KOTA AGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Text)
skripsi19412035.pdf - Published Version

Download (21MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak19412035.pdf - Published Version

Download (332kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b119412035.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text (Bab Landasan Teori)
b219412035.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (Bibliografi)
daftar_pustaka19412035.pdf - Published Version

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika yang muncul dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Matematika di kelas X SMA N 2 Kota Agung Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data yang relevan. Subjek penelitian terdiri dari guru matematika, siswa kelas X, dan pihak sekolah yang terlibat dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Observasi dilakukan secara langsung di kelas X1 dan X2 untuk memperoleh gambaran langsung tentang praktik pembelajaran matematika yang dilakukan. Wawancara dilakukan dengan subjek penelitian untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang perspektif mereka terkait implementasi Kurikulum Merdeka. Dokumentasi juga digunakan untuk mengumpulkan data yang relevan, seperti rencana pembelajaran, materi ajar, dan kebijakan sekolah terkait implementasi Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan beberapa problematika dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Matematika. Pertama, terdapat kendala dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Guru matematika menghadapi kesulitan dalam mengintegrasikan materi-materi Kurikulum Merdeka ke dalam struktur kurikulum yang sudah ada. Kedua, terdapat kendala dalam pelaksanaan seperti pembelajaran differensiasi yaang kurang maksimal. Ketiga, terdapat kendala dalam penilaian yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Guru matematika menghadapi kesulitan dalam merancang instrumen penilaian yang mencerminkan kemampuan dan keterampilan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pihak sekolah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru matematika dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Selain itu, perlu dibuat panduan bagi siswa dalam mengatur waktu dan memilih materi belajar mandiri. Pihak sekolah juga perlu memfasilitasi guru matematika dalam merancang instrumen penilaian yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Matematika, Problematika, SMA.
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 18 Dec 2023 09:51
Last Modified: 18 Dec 2023 09:51
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5420

Actions (login required)

View Item View Item