PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI BUS ANTAR KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: PO PUSPA JAYA)

REZA, MUHAMMAD (2023) PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI BUS ANTAR KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: PO PUSPA JAYA). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi19311018.pdf - Published Version

Download (10MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak19311018.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b119311018.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (Bab Ii Landasan Teori)
b219311018.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka19311018.pdf - Bibliography

Download (299kB)

Abstract

INTISARI PO Puspa Jaya adalah perusahaan keluarga yang bergerak di bidang Jasa Transportasi Bus yang terdiri atas Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Bus Pariwisata yang beralamatkan di Jalan Bypass Soekarno Hatta No.3 Raja Basa, Kota Bandar Lampung. PO Puspa Jaya belum memanfaatkan teknologi internet secara maksimal sebagai sarana pengembangan pelayanan kepada penumpang hampir semua kegiatan dalam proses kegiatan bus antar kota dilakukan secara manual, hal ini mengakibatkan kurangnya pelayanan yang diberikan kepada pelanggan sehingga dapat mengurangi jumlah pelanggan dan akhirnya kalah bersaing dengan perusahaan lain. Tujuan penelitian ini adalah merancang User Experience aplikasi bus antar kota pada PO Puspa Jaya dengan menggunakan metode Design Thinking yang mencakup low hingga high-fidelity prototype. Hasil dari penerapan sehingga memberikan kemudahan dan peningkatan kepuasan dalam pelayanan bus antar kota yang disediakan oleh PO Puspa Jaya. Hasil pengukuran efficiency tingkat penyelesaian rata-rata sebesar 97,22 persen. Pengukuran satisfaction, diukur pada tingkat kepuasan pengguna ketika berinteraksi atau human interaction dengan aplikasi menggunakan System Usability Scale (SUS) diperoleh skor sebesar 80,625 poin dimana skor tersebut sudah meraih standar nilai Penukuran Experience Questionnaire (UEQ), diukur pada tingkat kepuasan pengguna ketika berinteraksi atau human interaction dengan aplikasi diperoleh skor sebesar 74,81 dimana skor tersebut sudah meraih standar nilai baik.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Aplikasi Bus Antar Kota, User Experience, Design Thinking, System Usability Scale (SUS), dan Experience Questionnaire (UEQ)
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Struktur File
SISTEM INFORMASI (S1) > Struktur File
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 23 Nov 2023 09:33
Last Modified: 23 Nov 2023 09:33
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5233

Actions (login required)

View Item View Item