PERANCANGAN CHATBOT UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI LAYANAN INFORMASI DAN PENDAFTARAN DI PUSKESMAS SUMUR BATU

HIDAYAH, NICO DWI (2023) PERANCANGAN CHATBOT UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI LAYANAN INFORMASI DAN PENDAFTARAN DI PUSKESMAS SUMUR BATU. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (full teks)
skripsi19312091.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak19312091.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b119312091.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan)
b219312091.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka19312091.pdf - Bibliography

Download (188kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan di Puskesmas Sumur Batu, diidentifikasi bahwa sistem pelayanan informasi dan pendaftaran yang masih menggunakan sistem manual menyebabkan pengunjung mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi mengenai Puskesmas Sumur Batu. Hal ini berpotensi menyebabkan antrean panjang pada layanan informasi dan pendaftaran. Oleh karena itu, peneliti membangun sebuah chatbot menggunakan metode Extreme Programming (XP) yang terdiri dari empat tahap, yaitu pengumpulan data, desain, coding, dan pengujian. Data diperoleh melalui wawancara dengan pegawai Puskesmas dan observasi lapangan. Chatbot ini diintegrasikan dengan aplikasi Telegram dan Dialogflow serta sudah di uji menggunakan metode Black Box. Tingkat efisiensi chatbot diukur melalui pengisian kuisioner oleh pegawai dan pengunjung atau pasien Puskesmas Sumur Batu. Hasil kuisioner menunjukkan bahwa chatbot berhasil meningkatkan efisiensi layanan, dengan rata-rata nilai reting pada sistem chatbot mencapai 88,5% dari 47 responden. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa chatbot ini berpotensi memberikan kontribusi positif dalam memperbaiki proses pendaftaran dan interaksi pasien di Puskesmas Sumur Batu. Kata Kunci: Chatbot, Dialogflow, Extreme Programing, Layanan Puskesmas, Telegram.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Chatbot, Dialogflow, Extreme Programing, Layanan Puskesmas, Telegram.
Subjects: INFORMATIKA
INFORMATIKA > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:17
Last Modified: 27 Oct 2023 02:17
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item View Item