METAVERSE UNTUK PENGENALAN RUANGAN SEKOLAH (STUDI KASUS: SEKOLAH DASAR MI MUHAMMADIYAH SERBAJADI NATAR)

ANWARI, M. FIKRI (2023) METAVERSE UNTUK PENGENALAN RUANGAN SEKOLAH (STUDI KASUS: SEKOLAH DASAR MI MUHAMMADIYAH SERBAJADI NATAR). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (full teks)
skripsi18312162.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak18312162.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118312162.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan)
b218312162.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312162.pdf - Bibliography

Download (83kB)

Abstract

Pengenalan ruangan sekolah merupakan salah satu aspek yang penting bagi siswa/siswi baru dalam memahami tata letak ruangan yang ada pada sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi metaverse pengenalan ruangan pada sekolah dasar MI Muhammadiyah Sebajadi Natar berbasis android. Hal ini didasarkan pada perkembangan teknologi yang sedang berkembang dengan sangat pesat terutama di dunia pendidikan. Perancangan aplikasi dibuat dengan memanfaatkan teknologi yang sudah banyak orang ketahui saat ini ialah virtual reality yang biasa disingkat VR yang nantinya akan digunakan dalam proses pengenalan ruangan oleh siswa/siswi. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan menekankan 6 tahap pengembangan yaitu konsep, desain, pengumpulan data, pemasangan, pengujian, dan distribusi. Pengujian aplikasi metaverse pengenalan ruangan sekolah ini menggunakan ISO 25010 yang meliputi Functonality, Usability dan Probability sebagai pengukur keberhasilan aplikasi. Kemudian dari ketiga aspek tersebut yang barupa kuesioner dihitung menggunakan skala likert dimana ini merupakan cara untuk menghitung atau mengukur pendapat dari responden. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pengenalan ruangan yang dapat mempermudah guru dalam melakukan kegiatan pengenalan ruangan serta dapat menjadi media pengenalan alternarif baru yang lebih efektif dan menarik untuk siswa/siswi. Kata Kunci: ISO 25010, MDLC, Pengenalan Ruangan, Skala Likert, Virtual Reality

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: ISO 25010, MDLC, Pengenalan Ruangan, Skala Likert, Virtual Reality
Subjects: INFORMATIKA
INFORMATIKA > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:06
Last Modified: 01 Mar 2024 11:04
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5166

Actions (login required)

View Item View Item