GAME EDUKASI TRASH RANGER SEBAGAI UPAYA PENERAPAN ECO-FRIENDLY

FATNI, YUSRIL (2023) GAME EDUKASI TRASH RANGER SEBAGAI UPAYA PENERAPAN ECO-FRIENDLY. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (full teks)
skripsi18312050.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak18312050.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118312050.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan)
b218312050.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312050.pdf - Bibliography

Download (131kB)

Abstract

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses dan erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat. Di dalam sampah akan hidup berbagai macam mikroorganisme penyebab penyakit, dan juga binatang serangga pemindah/penyebar penyakit. Sampah masih menimbulakan permasalahan yang sulit dikendalikan, dikutip dari kementerian kelautan dan perikanan, Indonesia menduduki peringkat 2 penyumbang sampah plastik sejagat pada tahun 2019 dengan 3,21 Juta metrik ton/tahun, meskipun pada tahun 2022 saat ini dikutip dari worldpopulationreview, Indonesia menduduki peringkat 5 dalam penghasil sampah yang merujuk kepada sampah yang tidak ditempatkan semestinya atau tidak di daur ulang dengan benar, yang mengakibatkan pembusukan atau lebih sering di laut. Maka dari itu penulis bertujuan mengembangkansebuah game edukasi sampah untuk anak-anak pelajar terkhususnya dikalangan taman kanak-kanakberbasis Android. Dalam proses pengembangan game edukasi ini penulis menggunkan metode GDLC (Game Development Live Cycle). Dengan pengujian menggunakan ISO 25010 terdiri dari pengujian aspek usability dengan beberapa sasaran responden terdiri dari 6 responden, fungcionality dengan 2 responden, kriteria pengujian aspek usability mendapatkan persentase 98% dengan responden yaitu guru, kriteria pengujian aspek fungcionality mendapatkan hasil persentase 100% dengan responden yaitu dosen dari kedua pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa game edukasi sampahmendapatkan hasil kriteria persentase hasil uji yaitu Berhasil. Kata Kunci: Permainan edukasi, Game Development Live Cycle, Sampah, Construct 2

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Permainan edukasi, Game Development Live Cycle, Sampah, Construct 2
Subjects: INFORMATIKA > Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:32
Last Modified: 26 Oct 2023 02:32
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item