PENERAPAN PAYMENT GATEWAY APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) PADA SISTEM POINT OF SALES (POS)

SHOLIHIN, ICHWAN (2023) PENERAPAN PAYMENT GATEWAY APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE (API) PADA SISTEM POINT OF SALES (POS). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (full teks)
skripsi19312131.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak19312131.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b119312131.pdf - Published Version

Download (632kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan)
b219312131.pdf - Published Version

Download (798kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka19312131.pdf - Bibliography

Download (488kB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis sebagai sektor usaha yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan sektor usaha yang paling banyak menyerap tenaga kerja sehingga mampu menekan angka pengangguran. Namun pertumbuhan UMKM tidak sejalan dengan perkembangan globalisasi saat ini karena cenderung kurang inovatif. Dalam mendukung peluang bisnis tersebut tentunya dibutuhkan pemanfaatan teknologi informasi untuk mempermudah setiap proses pekerjaan. Sistem pengkasiran atau biasa disebut Point of Sales (POS) ialah salah satu contoh teknologi yang dapat membantu memanajemen penjualan pada sebuah kedai berbasis digital. Dalam sistem yang dikembangkan terintegrasi pula sebuah payment gateway untuk mendukung pembayaran non-tunai agar memudahkan pelanggan dalam bertransaksi. Sistem POS berjalan pada perangkat mobile yang terhubung dengan Application Programming Interface (API) Midtrans payment gateway menggunakan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). Didalam penerapan sistem ini penulis melakukan pengujian fungsionalitas dengan pendekatan Blackbox testing dan pengujian interaksi pelanggan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Hasilnya dapat disimpulkan bahwa fungsionalitas sistem sudah sangat baik dengan bobot persentase sebesar 93.3%. Persepsi kemudahan pengguna (perceived ease of use) memiliki nilai persentase 84% yang menyatakan bahwa pelaku UMKM setuju dengan kemudahan penggunaan sistem Point of Sales (POS). Persepsi kebermanfaatan (perceived of usefulness) memiliki nilai persentase 89.7% yang menyatakan bahwa pelaku UMKM setuju dengan kebermanfaatan sistem Point of Sales (POS). Persepsi penerimaan (acceptance of IT) memiliki nilai persentase sebesar 84.5% yang menyatakan bahwa pelaku UMKM setuju dengan penerimaan sistem Point of Sales (POS) pada tempat usahanya. Kata Kunci: UMKM, Point of Sales (POS), Midtrans Payment Gateway, Application Programming Interface (API), Rapid Application Development (RAD).

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Point of Sales (POS), Midtrans Payment Gateway, Application Programming Interface (API), Rapid Application Development (RAD)
Subjects: INFORMATIKA > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:08
Last Modified: 21 Oct 2023 02:08
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5086

Actions (login required)

View Item View Item