GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF DAN ANGKA UNTUK ANAK USIA DINI

JAYA, KADEK TAME (2023) GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF DAN ANGKA UNTUK ANAK USIA DINI. Strata 1 thesis, Universits Teknokrat Indonesia.

[img] Text (full teks)
skripsi19311150.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak19311150.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b119311150.pdf - Published Version

Download (354kB)
[img] Text (BAB II Tinjauan)
b219311150.pdf - Published Version

Download (548kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka19311150.pdf - Bibliography

Download (448kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, tetapi tidak semua dapat memahami pembelajaran tersebut karena pada dasarnya peserta didik masih suka bermain sehingga diperlukan media pembelajaran berupa game edukasi yang nantinya dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran yang disajikan dalam penelitian ini berupa game edukasi berbasis Android yang diharapkan dapat menarik minat dan antusias peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan metode pengembangan yaitu Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari 6 fase pengembangan, dimulai dari fase inisialisasi/pembuatan konsep, preproduction, production, testing, Beta dan release. Pada proses perancangan dan implementasi Figma digunakan untuk proses perancangan dan untuk proses impelementasi menggunakan aplikasi Android Studio. Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi sebagai media pembelajaran pengenalan huruf dan angka untuk anak usia dini. Dengan hasil pengujian yang memiliki persentase 100% pada aspek Functionality dan hasil pengujian nilai dari TK Kartika Jaya 95.33% dan TK Miftahul Anwar 95.33% pada aspek Usability. Maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik dapat beradaptasi terhadap game dan peserta didik dapat memainkan game tersebut. Kata Kunci: Game, Android, Edukasi, Game Development Life Cycle (GDLC), Huruf dan Angka, Media Pembelajaran, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game, Android, Edukasi, Game Development Life Cycle (GDLC), Huruf dan Angka, Media Pembelajaran, Anak Usia Dini.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Pengambilan keputusan
SISTEM INFORMASI (S1) > Pengambilan keputusan
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:42
Last Modified: 20 Oct 2023 02:42
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item