AMALIA, NUR RIZKI (2022) GAME EDUKASI INTERAKTIF �NETROUTE SIMULATOR� SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGALAMATAN JARINGAN KOMPUTER. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (full teks)
skripsi18313047.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text (abstrak)
abstrak18313047.pdf - Published Version Download (13kB) |
![]() |
Text (BAB I Pendahuluan)
b118313047.pdf - Published Version Download (121kB) |
![]() |
Text (BAB II Tinjauan)
b218313047.pdf - Published Version Download (225kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18313047.pdf - Bibliography Download (141kB) |
Abstract
SMK Satu Nusa 1 Bandar Lampung adalah satu dari sekian sekolah yang memiliki jurusan TKJ, dan memiiliki fokus pembelajaran pada jaringan komputer. Sebagai siswa sekolah, pembelajaran yang efektif dapat menunjang motivasi dan minat dalam mempelajarinya. Namun jika dalam proses pembelajaran mengalami kendala seperti tidak adanya praktik jaringan komputer dikarenakan adanya wabah yang mengharuskan untuk kelas online, tentu ini menjadi masalah dikarenakan siswa sulit memahami jalannya materi. Sebagai pemecahan masalah, maka pada penelitian ini dirancang agar siswa memiliki alternatif dalam pembelajaran praktik perutean jaringan komputer. Penelitian ini menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) dan perancangan game menggunakan GDD (Game Design Document). Pengujian dilakukan dengan metode ISO 25010, dan menguji aspek functional suitability, compatibility, dan usability testing yang memakai teknik purposive sampling. Pengujian menghasilkan bahwa suitability atau kegunaan fungsi dalam game sesuai dengan yang diharapkan. Pada aspek compatibility menghasilkan bahwa game dapat berjalan pada berbagai macam tipe ponsel. Pada aspek usability dapat memenuhi persentase sangat baik yaitu dengan jumlah persentase 92,2%. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah game NetRoute Simulator sudah cukup menarik dan menyenangkan untuk dijadikan media pembelajaran sederhana untuk para siswa.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Game Edukasi, GDLC, GDD, Jaringan Komputer, ISO 25010 |
Subjects: | TEKNOLOGI INFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI > Android TEKNOLOGI INFORMASI > Android TEKNOLOGI INFORMASI > Android TEKNOLOGI INFORMASI > Android TEKNOLOGI INFORMASI > Android TEKNOLOGI INFORMASI > Android |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Teknologi Informasi |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 07 Oct 2023 04:18 |
Last Modified: | 07 Oct 2023 04:18 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |