AUGMENTED REALITY MODUL PENGENALAN BENDA LANGIT BERBASIS MARKER MENGGUNAKAN META SPARK STUDIO (STUDI KASUS : TK PERTIWI BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR)

Jalil, Fahad Abdul (2023) AUGMENTED REALITY MODUL PENGENALAN BENDA LANGIT BERBASIS MARKER MENGGUNAKAN META SPARK STUDIO (STUDI KASUS : TK PERTIWI BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi19311239.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak19311239.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b119311239.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b219311239.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka19311239.pdf - Bibliography

Download (182kB)

Abstract

TK Pertiwi selalu berupaya untuk memperkenalkan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi peserta didik mereka. Dalam hal ini, penggunaan Augmented Reality (AR) dengan modul pengenalan benda langit berbasis Marker menggunakan Meta Spark Studio menjadi pilihan yang menarik untuk diterapkan di TK Pertiwi. Dengan Augmented Reality (AR), peserta didik dapat secara langsung berinteraksi dengan benda.benda langit, seperti bulan, bintang dan matahari, dalam bentuk filter. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Augmented Reality (AR) modul pengenalan benda langit yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang benda.benda langit. Melalui pengalaman Augmented Reality AR yang interaktif dan menarik, siswa di TK Pertiwi dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang alam semesta dan meningkatkan minat mereka terhadap ilmu pengetahuan. Implementasi yang dilakukan untuk menampilkan objek Augmented Reality (AR) menggunakan aplikasi Instagram dalam bentuk filter. Metode yang diterapkan menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan ISO 25010 dengan dua aspek, yaitu Aspek Functional Suitability dan Aspek Usability. Hasil akhir dari Aspek Functional Suitability yaitu 100% dan untuk Aspek Usability mendapatkan nilai sebesar 95,64%.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality (AR),Benda Langit,Marker.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Metode Komputer
SISTEM INFORMASI (S1) > Metode Komputer
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:27
Last Modified: 12 Sep 2023 03:27
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4858

Actions (login required)

View Item View Item