PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN USAHA DENGAN METODE AIDA (Studi Kasus : Aii Colection)

SUSANTI, KESIAMIMA TRI (2023) PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN USAHA DENGAN METODE AIDA (Studi Kasus : Aii Colection). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi19311249.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak19311249.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b119311249.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Bab II landasan Teori)
b219311249.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka19311249.pdf - Bibliography

Download (176kB)

Abstract

Aii Colection merupakan salah satu sektor UMKM yang bergerak di bidang fashion muslim. Dengan terjadinya pendemi covid-19 dari awal tahun 2020 dan penerapan ppkm menyebabkan pendapatan penjualan tidak berkembang. Oleh karna itu peneliti tertarik membuat website yang dapat membantu pelaku usaha di Aii Colection dalam melakukan pemasaran produk dengan memanfaatkan metode AIDA agar usaha tersebut yang di harapkan memiliki daya tarik lebih dengan membangun website penjualan. Dalam pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan model pengembangan extreme programming yang terdiri atas (4) empat langkah yaitu planning (analisa kebutuhan sistem dan analisa masalah yang dihadapi), design (perancangan model dan perancangan user interface), coding (membangun sistem), testing (uji kelayakan sistem). Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, maka temuan ini dapat disimpulkan sebagai peran penerapan online marketing pada penerapan strategi digital marketing dalam pengembangan usaha dengan metode aida berperan sangat baik, departemen pemasaran melalu website menjadi divisi yang bertanggung jawab dalam penerapan online marketing ini, di dalam divisi pemasaran sendiri memiliki tiga bidang pemasaran, offline, lapangan, dan online, offline membuat katalog produk dari Aii Colection, lapangan memasarkan di store atau di toko toko, memasarkan melaui segala macam media sosial, pada pemasaran online terdapat beberapa SDM yang berperan menangani media sosial, seperti facebook, twitter, instagram itu terdapat masing masing SDM, sosial media yang lain, Blackbarry Messanger juga ada sendiri dan merupakan salah satu yang khusus sebagai penghubung antara member dan juga para owner mitra usaha. Aii Colection is one of the MSME sectors engaged in Muslim fashion. With the onset of the Covid-19 pandemic from the beginning of 2020 and the implementation of PPKM, sales revenue did not grow. Therefore, researchers are interested in creating a website that can help business actors at Aii Colection in marketing products by utilizing the AIDA method so that the business is expected to have more appeal by building a sales website. System development is carried out using the extreme programming development model which consists of (4) four steps, namely planning (system needs analysis and analysis of problems faced), design (model design and user interface design), coding (building systems), testing (system feasibility tests). From the results of research and discussion that have been explained in the previous chapter, these findings can be concluded as the role of the application of online marketing in the application of digital marketing strategies in business development with the aida method playing a very good role, the marketing department through the website is the division responsible for the application of this online marketing, in the marketing division itself has three marketing areas, offline, field, and online, offline create a product catalog from Aii Colection, field market in stores or in store stores, market through all kinds of social media, in online marketing there are several human resources who play a role in handling social media, such as facebook, twitter, instagram there are each HR, other social media, Blackbarry Messanger also exists alone and is one of the special ones as a liaison between members and also business partner owners.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, AIDA,Metode Pengembangan Extreme Programing, Website
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Sistem Operasi Tertentu
SISTEM INFORMASI (S1) > Sistem Operasi Tertentu
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 05 Aug 2023 04:29
Last Modified: 05 Aug 2023 04:29
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4854

Actions (login required)

View Item View Item