PASMA SYARI, SEFRAGITA (2022) PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENUNJANG KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Strata 1 thesis, Universits Teknokrat Indonesia.
![]() |
Text (Full Skripsi)
skripsi18311089.pdf - Published Version Download (7MB) |
![]() |
Text (Abstrak)
abstrak18311089.pdf - Published Version Download (11kB) |
![]() |
Text (Bab I Pendahuluan)
b118311089.pdf - Published Version Download (26kB) |
![]() |
Text (Bab II Landasan Teori)
b218311089.pdf - Published Version Download (195kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311089.pdf - Bibliography Download (15kB) |
Abstract
Berdasarkan Wawancara proses pembelajaran SMA Negeri 7 Bandar Lampung masih dilakukan secara tatap muka, kelemahan sistem seperi ini yakni jika guru tidak hadir maka proses belajar mengajar menjadi terhambat begitupun juga dengan siswa yang berhalangan hadir maka akan ketinggalan pelajaran dan kurang memahami materi yang dibahas pada saat siswa/i yang bersangkutan tidak hadir. Terbatasnya waktu belajar mengajar dalam kelas terkadang menghalangi para guru dalam memberikan semua materi pelajaran kepada siswa. Hal ini menjadi masalah tersendiri untuk tenaga pendidik yang ingin menyampaikan materi pelajaran secara detail. Kesulitan ini banyak dikeluhkan oleh siswa dan guru saat ini, yang terkadang memiliki materi yang butuh penjelasan dalam waktu lama justru harus dijelaskan pada waktu singkat. Selain itu guru juga terkendala dalam memberikan soal-soal latihan berikut pengkoreksian hasilnya karena proses dilakukan secara manual. Hal ini sangat tidak efisien karena waktu banyak tersita pada pekerjaan yang dilakukan tersebut. maka dikembangkannya sistem informasi e-learning berbasis moodle yang dapat membantu mendukung sistem belajar secara tatap muka, jika guru tidak hadir maka proses belajar dan mengajar tidak terhambat atau terhenti begitu saja, sehingga siswa yang mungkin berhalangan hadir juga dapat tetap menerima materi belajar. Dengan adanya sistem informasi e-learning ini juga guru tidaklah terkendala dalam memberikan soal-soal atau kuis untuk evaluasi siswa, karena guru dapat menggunakan fitur didalam moodle itu sendiri, dimana kuis dapat dihitung secara otomatis dan mengkoreksi kuis secara otomatis juga untuk siswa dan guru, sehingga sangat efisien dan efektif. Sistem informasi e-learning pada SMA Negeri 7 Bandar Lampung, berhasil dibuat dengan menggunakan paket learning management system (LMS) dengan bahasa Pemrograman PHP dan MySQL untuk databasenya serta Unified Modelling language (UML) untuk pembuatan perancangannya.
Item Type: | Thesis (Strata 1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi,E-learning,Protoytpe,Website,Moodle |
Subjects: | SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A |
Date Deposited: | 27 May 2023 01:59 |
Last Modified: | 27 May 2023 01:59 |
URI: | http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |