SISTEM INFORMASI PENJUALAN KAIN TAPIS UNTUK PENINGKATAN HASIL PRODUK DALAM KEARIFAN LOKAL

ANANTA, ADAM J. (2022) SISTEM INFORMASI PENJUALAN KAIN TAPIS UNTUK PENINGKATAN HASIL PRODUK DALAM KEARIFAN LOKAL. Strata 1 thesis, Universits Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18311165.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18311165.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118311165.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218311165.pdf - Published Version

Download (665kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311165.pdf - Bibliography

Download (214kB)

Abstract

Kearifan lokal merupakan pengetahuan yang eksplisit yang muncul dari periode panjang yang berevolusi bersama-sama masyarakat dan lingkungannya dalam sistem lokal yang sudah dialami bersama-sama. Toko Tapis Singgah Pay pemasaran toko masih dilakukan menggunakan banner sehingga banyak pelanggan yang mengalami kesulitan dalam mengetahui informasi produk kain tapis dikarenakan pemasangan banner hanya menampilkan nama toko dan lokasi toko, tidak adanya informasi mengenai produk yang dijual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan extreme programming dan dirancang menggunakan UML. Sistem ini menggunakan dua bahasa pemrograman yaitu Javascript dengan framework jquery mobile dan PHP dengan kerangka kerja Bootstrap. Implementasi menggunakan aplikasi Xampp, MySQL, Text Editor Visual Code Studio, Blender, dan Adobe Ilustrasi. Hasil penelitian ini adalah dirancang dan dibuat sistem informasi penjualan kain tapis Lampung berbasis mobile dengan menggunakan Augmented Reality (AR). Sistem yang dibangun ini juga nantinya akan mempermudah proses transaksi penjualan yang nantinya dapat mengurangi tingkat persaingan dengan pasar luar. Sistem ini menampilkan informasi seputar penjualan produk kain tapis, dan dapat melakukan proses transaksi penjualan sehingga pelanggan tidak perlu datang ke toko untuk mendapatkan informasi dan melakukan pembelian tapis. Serta sistem mengelola data penjualan secara cepat dan menghasilkan laporan secara periode yang sesuai kebutuhan toko. hasil pengujian yang telah dilakukan dengan melibatkan 50 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 94.4%.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Penjualan, Extreme Programming, Augmented Reality (AR), dan ISO 25010
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER
SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 23 May 2023 07:27
Last Modified: 23 May 2023 07:27
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4714

Actions (login required)

View Item View Item