SISTEM INFORMASI PENGENALAN DAN PENDAFTARAN EKSTRAKURIKULER SEKOLAH BERBASIS WEBSITE PADA SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

SHINTA, DEVIA PRIMA (2022) SISTEM INFORMASI PENGENALAN DAN PENDAFTARAN EKSTRAKURIKULER SEKOLAH BERBASIS WEBSITE PADA SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Strata 1 thesis, Universits Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18311008.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18311008.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118311008.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218311008.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311008.pdf - Bibliography

Download (229kB)

Abstract

SMK Negeri 4 Bandar Lampung dalam mengenalkan program ekstrakurikulernya kepada siswa baru maupun lama masih menggunakan cara menyebarkan brosur ke kelas-kelas atau demonstrasi ketika jam istirahat. Selain itu dalam proses pendaftarannya masih dengan membuka stand di tempat-tempat tertentu di lingkungan sekolah. Metode pengenalan dan pendaftaran tersebut tentunya masih sangat tradisional dimana tidak di sajikan secara menarik dan juga kemudahan dalam mendapatkan informasi yang terbatas. Dampaknya siswa kurang tertarik untuk mendaftar dan sering kebingungan dalam menentukan ekstrakurikuler yang akan dipilih. Selain itu para anggota ektrakurikuler yang bertugas dalam perekrutan anggota baru membutuhkan biaya lebih untuk mencetak brosur serta harus meluangkan waktu lebih untuk menjaga stand tempat pendaftaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan dan mengimplementasikan sistem yang dapat menyajikan informasi-informasi terkait ekstrakurikuler serta siswa dapat melakukan pendaftaran secara online tanpa harus datang ke stand di lingkungan SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Etreme Programming (XP) dengan pengujian menggunakan menggunakan ISO 25010. Hasil dalam penelitian ini adalah sistem yang di bangun dengan menggunakan metode pengembangan Extreme Programming (XP) dimulai dari planning, desain, coding, dan testing. Dari tahapan pengembangan ini dibuatlah rancangan desain sistem menggunakan UML yang terdiri dari perancangan usecase diagram, activity diagram, dan class diagram. Sedangkan proses koding program menggunakan bahasa pemrograman PHP, Framework menggunakan Codeigniter dengan text editor Vidual Code Studio dan MySQL sebagai databse. Hasil peneltiian ini adalah pada sistem yang dibangun telah dapat menyajikan informasi-informasi terkait ekstrakurikuler serta dapat melakukan pendaftaran secara online tanpa harus datang ke stand di lingkungan SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Fitur tersebut diharapkan dapat menarik minat siswa dalam menentukan ekstrakurikuler yang akan dipilih serta mempermudah siswa dalam proses pendaftaran karena dapat dilakukan kapansaja dan dimana saja melalui jaringan internet. Hasil pengujian menggunakan Blackbox memperoleh hasil “Sangat Baik / Sangat Layak” dengan perhitungan secara keseluruhan menggunakan Skala Likert dengan nilai 98.22%. Sehingga disimpulkan bahwa sistem yang dibangun pada penelitian ini dinyatakan sangat baik untuk digunakan dan layak untuk di implementasikan.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pengenalan dan Pendaftaran Ekstrakurikuler, Extreme Programming
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > PEMBUATAN WEBSITE
SISTEM INFORMASI (S1) > PEMBUATAN WEBSITE
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 23 May 2023 07:06
Last Modified: 23 May 2023 07:06
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4713

Actions (login required)

View Item View Item