PEMILIHAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE ANP DI SMAN 1 ADILUWIH

SWASONO, AMAN (2022) PEMILIHAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE ANP DI SMAN 1 ADILUWIH. Strata 1 thesis, Universits Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18311250.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18311250.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118311250.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218311250.pdf - Published Version

Download (572kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311250.pdf - Bibliography

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan akan adanya kebutuhan sistem pembelajaran daring dengan standar yang sama dan sesuai dengan harapan guruguru pada SMAN 1 Adiluwih. Dengan dilakukannya pemilihan Learning Management System (LMS) menggunakan metode Sistem Pendukung Keputusan Analytic Network Process (ANP) diharapkan dapat menentukan LMS yang sesuai dengan harapan guru-guru pada SMAN 1 Adiluwih. Metode ANP melakukan pengambilan keputusan dengan tiga tahapan yaitu konstruksi model, kuantifikasi model dan analisis hasil. Konstruksi model dilakukan dengan menentukan kriteria dan alternatif. Kriteria yang digunakan yaitu Jumlah pengguna, Biaya, Penilaian otomatis, Bahasa, Kelengkapan fitur dan Mudah digunakan. Alternatif yang digunakan yaitu Moodle, Edmodo, ATutor, Dokeos dan Google Classroom. Kuantifikasi model dilakukan dengan mengumpulkan data kuesioner dari para responden dan melakukan perhitungan metode ANP dengan software Super Decisions. Pengumpulan data kuesioner untuk menentukan prioritas kriteria dan pembobotan alternatif berhasil mengumpulkan data sebanyak 27 orang guru dan 1 orang pakar E-Learning. Analisis hasil dilakukan dengan menghitung nilai Ratter Agreement dan Geomean untuk melihat hasil perhitungan ANP dari seluruh responden. Hasil akhir pemilihan LMS menggunakan metode ANP didapatkan hasil bahwa Moodle menjadi prioritas pilihan pertama dengan nilai 0,27237, Google Classroom menjadi prioritas alternatif pada urutan ke dua dengan nilai 0,27013 kemudian diikuti oleh Edmodo, ATutor dan Dokeos dengan nilai sama yaitu 0,15250. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Sistem Pembelajaran Daring yang sesuai dengan harapan guru-guru pada SMAN 1 Adiluwih menggunakan LMS Moodle.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Analytic Network Process, Learning Management Systems, Sistem Pembelajaran Daring, Sistem Pendukung Keputusan, Super Decisions.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER
SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 08 May 2023 09:09
Last Modified: 08 May 2023 09:09
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4682

Actions (login required)

View Item View Item