PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SENTRA PELAYANAN KLINIK DALAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KEPADA PASIEN DIMASA NEW NORMAL COVID-19 (STUDI KASUS: KLINIK SATRIA MEDIKA)

-, PATMANTORO (2022) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SENTRA PELAYANAN KLINIK DALAM PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KEPADA PASIEN DIMASA NEW NORMAL COVID-19 (STUDI KASUS: KLINIK SATRIA MEDIKA). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18311004.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18311004.pdf - Published Version

Download (8kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118311004.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218311004.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311004.pdf - Bibliography

Download (235kB)

Abstract

Klinik Satria Medika merupakan tempat pelayanan kesehatan yang membantu pasien dengan menyediakan layanan Pengobatan Umum, Pengobatan Gigi, Fisioterapi, Medical Check Up dan Apotek. Tingginya pasien yang datang untuk mendapatkan pengobatan di Klinik Satria Medika sedangkan kapasitas ruang tunggu dan pendaftaran yang tidak terlalu besar, memicu timbulnya kerumunan didalam suatu ruangan yang tentunya dapat melanggar protokol kesehatan. Masalah juga terjadi pada layanan administrasi yang masih menggunakan sistem konvensional tak lepas dari timbulnya masalah, seperti proses penyampaian informasi jadwal dokter, pengumuman, peraturan-peraturan dan dokumen persyaratan pendaftaran yang hanya di sampaikan melalui papan pengumuman atau banner di ruangan klinik membuat pasien kebingungan dan harus kembali lagi kerumah karena tidak sesuainya jadwal dokter serta dokumen yg dibawa. Selain itu pengelolaan data rekam medis yang masih menggunakan dokumen cetak juga mengakibatkan lamanya proses pencarian data pasien rawat jalan bahkan juga pernah terjadi hilangnya dokumen rekam medis pasien yang tentunya dapat mengurangi mutu pelayanan klinik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan Sistem Informasi Sentra Pelayanan Klinik Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Kepada Pasien Dimasa New Normal Covid-19 (Studi Kasus: Klinik Satria Medika) yang diharapkan dapat mempermudah pasien dalam proses pendaftaran, mengetahui informasi layanan klinik dan mengetahui hasil rekam medis yang dapat dilakukan secara online. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Extreme Programming (XP). Tahapan dalam pengembangan sistem dimulai dari planning yaitu menganalisis kebutuhan sistem, kemudian design yaitu membuat rancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan membuat desain interface, tahap selanjutnya adalah coding yaitu membuat kode program sesuai dengan desain interface menggunakan framework laravel dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database dan tahap terakhir yaitu melakukan pengujian sistem yang telah dikembangkan menggunakan ISO 25010 dengan enam karakteristik utamanya yaitu antara lain functional suitability, reliability, performance efficiency, usability, maintainability, dan portability. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang implementasikan telah dapat melakukan pendaftaran berobat secara online sehingga pasien tidak perlu datang langsung ke klinik untuk melakukan pendaftaran. Fitur pendaftaran secara online ini juga diharapkan dapat mecegah terjadinya kerumunan didalam ruang tunggu yang tentunya dapat melanggar protokol kesehatan diera New Normal saat ini. Sistem yang implementasikan menyajikan informasi jadwal dokter dan hasil rekam medis yang dapat dilihat secara online sehingga memudahkan pasien untuk mengetahui informasi seputar klinik informasi hasil rekam medis dengan kualitas informasi yang cepat dan akurat.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Sentra Pelayanan Klinik, Covid-19, New Normal.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER
SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 29 Apr 2023 09:34
Last Modified: 29 Apr 2023 09:34
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4633

Actions (login required)

View Item View Item