PERBANDINGAN ALGORITMA MINIMAX DAN EXHAUSTIVE SEARCH PADA PERMAINAN TIC TAC TOE

KURNIAWAN, A. IZZA (2022) PERBANDINGAN ALGORITMA MINIMAX DAN EXHAUSTIVE SEARCH PADA PERMAINAN TIC TAC TOE. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17312090.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17312090.pdf - Published Version

Download (6kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b117312090.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b217312090.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17312090.pdf - Bibliography

Download (412kB)

Abstract

Game Tic Tac Toe merupakan salah satu jenis dari game papan yang berjenis Turn Base Strategy dengan papan permainan yang memiliki ukuran beragam. Pada game Tic Tac Toe yang dijalankan di media elektronik jika permainan hanya dimainkan oleh satu orang, maka pemain lainnya dapat digantikan oleh Non-Player Characters (NPC) yang akan dijalankan oleh komputer, untuk merancang NPC dibutuhkan algoritma yang dapat diterapkan pada permainan Tic Tac Toe. Algoritma pada game sendiri banyak jenis serta keunggulannya masing-masing. Dikarenakan jenisnya yang banyak maka timbul permasalahan, yaitu terkadang algoritma yang dipasangkan pada game tidak sesuai dengan keinginan. Selain tidak berhasil mencari langkah terbaik, algoritma tertentu cendrung memiliki waktu eksekusi serta membutuhkan node yang banyak. Maka dari itu dibutuhkan algoritma terbaik yang dapat mencari langkah penyelesaian masalah terbaik, memiliki waktu eksekusi yang cepat, serta membutuhkan sedikit node. Dalam penelitian ini diterapkan algoritma Minimax dan Exhaustive Search pada NPC sebagai lawan bermain yang bertujuan untuk mengetahui algoritma manakah yang lebih baik antara algoritma Minimax dan Exhaustive Search yang akan diterapkan pada permainan Tic Tac Toe berpapan 11x11, dengan membandingkan banyaknya node yang digunakan serta waktu tempuh algoritmanya kedua algoritma yang diuji menghasilkan hasil yang imbang dikarenakan kedua algoritma tersebut menghasilkan hasil yang tidak terlalu jauh berbeda dalam hal waktu eksekusi dan banyaknya node yang digunakan.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game, Tic Tac Toe, Non-Player Charakters, Minimax, Exhaustive Search
Subjects: INFORMATIKA
INFORMATIKA > Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:12
Last Modified: 18 Apr 2023 07:12
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4607

Actions (login required)

View Item View Item