PERANCANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM MENGURANGI KAPASISTAS SISWA DIDALAM RUANGAN SEBAGAI UPAYA MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS : SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG)

FRATICA, ANGGI (2022) PERANCANGAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM MENGURANGI KAPASISTAS SISWA DIDALAM RUANGAN SEBAGAI UPAYA MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS : SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universits Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18311323.pdf - Published Version

Download (12MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18311323.pdf - Published Version

Download (7kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118311323.pdf - Published Version

Download (22kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218311323.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311323.pdf - Bibliography

Download (240kB)

Abstract

SMK Negeri 4 Bandar Lampung merupakan salah satu sekolah di kota Bandar Lampung yang akan melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Sebagai bentuk upaya pelaksanaan protokol kesehatan dan untuk kelancaran Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tahun ajaran baru 2021/2022 perpustakaan SMK Negeri 4 Bandar Lampung memerlukan suatu sistem perpustakaan berbasis digital yang dapat digunakan siswa dalam membaca, meminjam dan mengembalikan buku tanpa harus datang langsung ke perpustakaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingginya aktivitas pengunjung terutama siswa di dalam perpustakaan tentu akan menjadi masalah karena dapat meleibihi kapasitas yang telah ditentukan. Selain itu sulitnya mencari buku yang perlukan dikarenakan jumlah buku dan rak buku yang sangat banyak, proses pengecekan data peminjaman dan pengembalian yang dicatat dalam buku besar menyulitkan pustakawan dalam pencarian data serta membutuhkan waktu yang relatif lama dalam pembuatan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem yang dapat menyajikan informasi buku-buku yang tersedia di perpustakaan SMK Negeri 4 Bandar Lampung secara digital sehingga memudahkan anggota dalam mencari buku, anggota dapat membaca buku secara digital kapanpun dan dimanapun sehingga dapat mengurangi kapasistas anggota didalam ruangan perpustakaan, serta dapat digunakan anggota dalam melakukan peminjaman dan pengembalian buku secara digital. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah model Extreme Programming (XP). Tahapan dalam pengembangan sistem dimulai dari planning yaitu menganalisis kebutuhan sistem, kemudian design yaitu membuat rancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan membuat desain interface, tahap selanjutnya adalah coding yaitu membuat kode program sesuai dengan desain interface menggunakan framework laravel dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database dan tahap terakhir yaitu melakukan pengujian sistem yang telah dikembangkan menggunakan ISO 25010 dan Blacbox. Hasil dari penelitian ini sistem perpustakan digital pada SMKN Negeri 4 Bandar Lampung yang telah dirancang dan dibangun mampu menyajikan informasi buku-buku yang tersedia di perpustakaan secara digital, anggota dapat membaca buku dan melakukan peminjaman buku secara digital tanpa harus datang langsung keperpustakaan sehingga kapasitas anggota di dalam ruangan dapat terkontrol dengan baik, pengujian ISO 25010 memperoleh hasil 83,99% sedangkan pengujian Blackbox memperoleh hasil 96,66% sehingga dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem ini dinyatakan memenuhi syarat untuk di implementasikan dengan kategori sangat baik .

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Perpustakan Digital, Protokol Kesehatan, Extreme Programming, ISO, 25010, Blacxbox
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER
SISTEM INFORMASI (S1) > SYSTEMS KOMPUTER
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 10 Apr 2023 10:08
Last Modified: 10 Apr 2023 10:08
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4590

Actions (login required)

View Item View Item