Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

AQILLAMABA, KHAIRUNNISA (2022) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18112007.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18112007.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118112007.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218112007.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18112007.pdf - Bibliography

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika 18112007 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika melalui nilai Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto serta terdapat satu variabel bebas yakni kecerdasan emosional dan satu variabel terikat yakni hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sehingga sampel yang digunakan berjumlah 49 siswa dari kelas XII Akutansi SMK Amal Bakti Jatimulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, penyebaran kuesioner kecerdasan emosional, data nilai Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 yang diperoleh dari guru matematika yang bersangkutan. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis regresi sederhana serta analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan atau pengaruh antara kecerdasan emosional dan hasil belajar matematika siswa kelas XII Akutansi SMK Amal Bakti Jatimulyo tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika mempunyai korelasi yang positif dengan nilai koefisien ???????????? = 0,562 dengan kategori hubungan yang sedang. Dari hasil perolehan, kecerdasan emosional dengan R sebesar 0,316 atau 31,6% dipengaruhi oleh variabel X dan 68,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan, Emosional, Hasil Belajar Matematika
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 08 Apr 2023 04:05
Last Modified: 08 Apr 2023 04:05
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4580

Actions (login required)

View Item View Item