PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERMAINAN BOLA BESAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA NEGERI 1 TRIMURJO

GINANTAR, ALFAYREZA (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERMAINAN BOLA BESAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA NEGERI 1 TRIMURJO. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18114021.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18114021.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
b118114021.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (Bab II Landasan Teori)
b218114021.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18114021.pdf - Bibliography

Download (247kB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERMAINAN BOLA BESAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA NEGERI 1 TRIMURJO Oleh : Alfayreza Ginantara 18114021 Penggunaan sumber belajar yang bervariatif dapat membantu kegiatan pembelajaran menjadi efektif, efisien dan dapat digunakan secara mandiri. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran pjok diperoleh data bahwa sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran pjok, khususnya pada materi permainan bola besar adalah buku cetak. Hasil wawancara dengan siswa diperoleh data bahwa siswa membutuhkan sumber belajar tambahan yang bervariatif, menarik, dan dapat digunakan secara mandiri. Sumber belajar yang dapat digunakan siswa belajar secara mandiri yaitu bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menganalisis kelayakan dan menganalisis respon guru dan siswa terhadap produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development and Evaluation). Subjek ujicoba pada penelitian ini yaitu satu orang guru dan sepuluh orang siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Trimurjo. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan instrumen pegumpulan data menggunakan angket. Hasil validasi produk oleh ahli materi dilakukan sebanyak dua kali, diperoleh persentase skor akhir sebesar 78,75%, termasuk kategori “Valid”, sedangkan hasil validasi ahli media dilakukan sebanyak dua kali, diperoleh persentase skor akhir sebesar 90%, termasuk dalam kategori “Sangat valid”. Hasil respon guru diperoleh persentase skor sebesar 85%, termasuk dalam kategori “Sangat valid” dan hasil respon siswa diperoleh persentase skor sebesar 93%, termasuk kategori “Sangat Valid”. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan diperoleh persentase rata-rata skor sebesar 86,7%, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar permainan bola besar yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran Pjok. Kata kunci: Bahan ajar, Permainan bola besar, Sumber belajar ABSTRACT DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS FOR THE BIG BALL GAME AS A LEARNING RESOURCE AT SMA NEGERI 1 TRIMURJO By : Alfayreza Ginantara 18114021 The use of varied learning resources can help learning activities to be effective, efficient and can be used independently. The results of interviews with biology subject teachers obtained data that the usual or frequently used learning resources in physical education learning, especially on big ball game material are printed book. The results of interviews with students obtained data that students need additional learning resources that are varied, interesting, and can be used independently. The purpose of this study was to develop, analyze the feasibility and analyze the responses of teachers and students to the developed product. This type of research is research and development (R&D) using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development and Evaluation). The test subjects in this study were one teacher and ten students of class X MIA SMA Negeri 1 Trimurjo. The data analysis technique in this research is quantitative and qualitative data analysis. While the data collection instrument used questionnaire. The results of product validation by material experts were carried out twice times, the final score percentage was 78,75%, including the "Valid" category, while the media expert validation results were carried out twice, the final score percentage was 90%, included in the "Very valid" category. " The results of the teacher's response obtained a percentage score of 85%, included in the "Very valid" category and the results of student responses obtained a percentage score of 93%, including the "Very valid" category. Based on the results of the feasibility assessment, the average percentage score was 86.7%, so it was concluded that the big ball game teaching material product developed was very suitable for use in Physical education learning.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Permainan bola besar, Sumber belajar
Subjects: PENDIDIKAN OLAHRAGA
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 01 Apr 2023 04:42
Last Modified: 01 Apr 2023 04:42
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4541

Actions (login required)

View Item View Item