Rancang Bangun Sistem Informasi Pengajuan Klaim Asuransi Berbasis Web (Studi Kasus: PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967)

Suwandi, - (2018) Rancang Bangun Sistem Informasi Pengajuan Klaim Asuransi Berbasis Web (Studi Kasus: PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967). Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
13. ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
14. BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)

Abstract

PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 (BUMIDA) merupakan perusahaan asuransi yang didirikan atas ide pengurus AJB Bumiputera 1912 sebagai induk perusahaan yang diwakili oleh Drs. H.I.K. Suprakto dan Mohammad S. Hasyim, MA sesuai dengan akte No. 7 tanggal 8 Desember 1967 dari Notaris Raden Soerojo Wongsowidjojo, SH yang berkedudukan dijakarta dan diumumkan dalam tambahan Berita Negara Republik Indonesia No. 15 tanggal 20 Februari 1970. Pada dasarnya perusahaan asuransi merupakan perusahaan yang mengelola suatu resiko. Dikarenakan mengelola resiko tersebut, perusahaan asuransi mempunyai kewajiban membayar klaim apabila suatu resiko terjadi dan dijamin dalam kondisi polis. Pembayaran klaim yang dilakukan perusahaan asuransi akan memberikan kepastian kepada tertanggung yang mengasuransikan kendaraannya apabila terjadi kecelakaan atau resiko yang dijamin oleh polis. Selama ini semua proses pengajuan klaim di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 (BUMIDA) masih bersifat konvensional, dengan kata lain bahwa proses pengajuan klaim antara konsumen dengan pihak asuransi hanya dapat dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara konsumen dengan pihak asuransi. Jika pertemuan antara konsumen dengan pihak asuransi tidak terjadi maka secara otomatis proses pengajuan klaim pun tidak dapat dilaksanakan. Keadaan seperti ini sangat jelas dapat menghambat proses pengajuan klaim di PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 (BUMIDA) dan minimnya informasi mengenai klaim asuransi yang dapat berakibat proses pembayaran klaim konsumen menjadi tertunda. Salah satu cara yang tepat untuk memudahkan proses transaksi klaim pada PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 (BUMIDA) adalah dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yaitu dengan. Teknologi komunikasi dan informasi juga dapat memberikan pertimbangan kepada staf dengan melihat data-data yang ada pada konsumen untuk memberi keputusan klaim. Untuk itu peneliti membuat sistem pengajuan asuransi berbasis web pada PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 (BUMIDA) yang diharapkan dapat menggantikan klaim secara manual dan lebih memudahkan konsumen dalam melaksanakan proses pengajuan klaim pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rancang, Sistem, Klaim, Asuransi, Web, Bumida
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > REPOSITORI DATA BERBASIS WEB
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 08 Nov 2018 06:33
Last Modified: 19 May 2020 06:15
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item