PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE MOBILE PADA APLIKASI PENDAFTARAN DAN PENCARIAN RELAWAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS : ACT LAMPUNG)

CAHYANA AMINUALLAH, NUR (2022) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE MOBILE PADA APLIKASI PENDAFTARAN DAN PENCARIAN RELAWAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS : ACT LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18311058.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
b118311058.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text (BAB I – Pendahuluan)
b118311058.pdf - Published Version

Download (73kB)
[img] Text (BAB II – Landasan Teori)
b218311058.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18311058.pdf - Bibliography

Download (188kB)

Abstract

Bencana alam selalu memberikan dampak kejutan dan menimbulkan banyak kerugian baik jiwa maupun materi. Peran relawan dalam penanganan awal pada bencana sangatlah penting agar kejadian tersebut dapat diminimalkan, Namun saat ini untuk penanggulangan bencana masih mengalami kelemahan salah satunya adalah lambatnya upaya imitigasi dan kurangnya tanggap darurat bencana sehingga membuat dampak negatif dari bencana tersebut terasa besar. Maka perlunya sebuah inovasi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan melalui pengalaman belajar dalam mencapai kinerja yang efektif diberbagai kegiatan. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut, maka dipilihlah metode Design Thinking dalam perancangan aplikasi pencarian relawan yang berfokus pada kemudahan (usability) dan kepuasan (satisfaction) pengguna, terhadap aplikasi. Metode Design Thinking terdiri lima tahapan secara berulang yang dapat digunakan untuk memperkuat inovasi, memecahkan sebuah masalah serta membantu dalam memahami kebutuhan pengguna sehingga memberikan sebuah solusi yang tepat. Hasil yang didapat dari validasi pengguna ketika menggunakan prototype, ini ialah diperoleh kesimpulan bahwa rancangan aplikasi sudah memenuhi kriteria tolak ukur, dengan memperoleh tingkat kepuasan pengguna sebanyak 84 poin, dimana poin tersebut telah memenuhi aturan kriteria pada pengukuran System Usability Scale sehingga rancangan aplikasi ini dapat dikembangkan oleh tim pengembang untuk dijadikan sebagai dasar membangun sebuah rancangan aplikasi pendaftaran dan pelatihan kesiapan relawan guna memberikan kemudahan untuk kontribusi para relawan yang sigap dalam menghadapi dampak dari bencana yang terjadi.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: bencana, design thinking, relawan, motivasi,dan pembelajaran.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:58
Last Modified: 04 Jan 2023 02:58
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4395

Actions (login required)

View Item View Item