PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN AKSARA JEPANG DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

RAMADHAN, R. GAMMA (2022) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN AKSARA JEPANG DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18312251.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18312251.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118312251.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b218312251.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312251.pdf - Bibliography

Download (155kB)

Abstract

Bahasa Jepang merupakan salah satu Bahasa asing yang populer saat ini, banyak orang ingin mempelajari Bahasa Jepang, namun pada kenyataanya masih banyak yang kesulitan dalam mempelajari Bahasa Jepang terutama pada aksara dasar Jepang dikarenakan bentuknya yang berbeda-beda. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan, pada penelitian ini penulis mengangkat permasalah tentang pembuatan media pembelajaran alternatif belajar Bahasa Jepang aksara Hiragana dan Katakana, untuk menarik minat belajar sekaligus memberi pengalaman baru dalam belajar pada siswa/siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan atas dasar pengembangan metode pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alat untuk membantu dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya pembuatan aplikasi game edukasi Bahasa Jepang ini diharapkan dapat membantu peneliti dalam pembuatan game edukasi dan juga dalam proses pembelajaran untuk tempat studi kasus penulis. Pada dasarnya konsep dari game edukasi adalah bermain sambil belajar agar pengguna tidak merasa bosan ketika melakukan proses pembelajaran Bahasa Jepang aksara Hiragana dan Katakana. Pembuatan game edukasi ini menggunakan metode Game Development Life Cycle dengan beberapa tahapan-tahapan yang dilalui oleh penulis dalam pengerjaannya. Basis pengetahuan dari pembuatan game edukasi ini melalui studi literatur dari jurnal yang sudah ada. Hasil dari penelitian ini adalah game edukasi pembelajaran Bahasa Jepang pada materi aksara Hiragana dan Katakana.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Game Development Life Cycle, Hiragana dan Katakana, Bahasa Jepang
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 10 Dec 2022 06:32
Last Modified: 10 Dec 2022 06:32
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4138

Actions (login required)

View Item View Item