PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BAGI ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

Mukti, M. Danang Widyo (2018) PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BAGI ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. Other thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text
Lembar Abstrak WORD.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)

Abstract

Pembelajaran huruf Hijaiyah melalui pendidikan formal di Taman Kanak-Kanak untuk era modern ini memiliki beberapa hambatan, salah satunya adalah siswa banyak yang merasa kesulitan mempelajari huruf Hijaiyah sehingga siswa merasa bosan dan media pembelajaran secara konvensional yang tidak berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi game edukasi untuk usia dini dan masyarakat umum sebagai media sarana hiburan dan alternatif untuk meningkatkan minat siswa mengenal dan mempelajari huruf Hijaiyah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, kuisioner, dan tinjauan pustaka. Sumber data/subjek yaitu guru taman kanak-kanak. Metode penggujian yang dilakukan yaitu terhadap aspek Usability. Pengembangan aplikasi game mengenal huruf Hijaiyah menggunakan software Construct 2 yang akan dijalankan pada platform destop. Hasil pengujian kualitas aplikasi game mencari huruf Hijaiyah diperoleh nilai dari aspek usability diperoleh nilai 87%, dan aspek efficiency menunjukan tidak adanya kekurangan memory dan penggunaan CPU oleh aplikasi sebesar 35% .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, Pengenalan huruf Hijaiyah, edukasi.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN APLIKASI
INFORMATIKA > Games Education
INFORMATIKA > CONSTRUCT
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Rahmat Iqbal M.IP
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:09
Last Modified: 16 May 2020 06:06
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item