Implementasi Game Edukasi Bahasa Lampung Dialek A Dan Dialek O Berbasis Android

IMANDA, DINAR (2022) Implementasi Game Edukasi Bahasa Lampung Dialek A Dan Dialek O Berbasis Android. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18312036.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18312036.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118312036.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b218312036.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312036.pdf - Bibliography

Download (358kB)

Abstract

Bahasa Lampung pada saat ini sudah mengalami kemunduran dan sudah sangat jarang digunakan dikalangan masyarakat. Hal ini disebabkan masyarakat khususnya anak usia dini sangat kurang dalam melestarikan Bahasa Lampung hal ini terjadi disebabkan dari cara pengenalkan sedini mungkin dengan anak-anak dan masyarakat dalam menggunankan bahasa lampung maupun dari segi mengenal aksara lampung dan menggunakan Bahasa Lampung. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk membuat suatu media aplikasi yang dapat menerapkan dan memperkenalkan serta melestarikan bahasa lampung kepada anak-anak usia dini khususnya siswa SD 02 Pardasuka. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis pada penelitian ini adalah berdasarkan observasi, kuesioner. Sumber data diperoleh dari pelajar siswa SD 02 Pardasuka. Metode pengujian yang diterapkan pada penelitian ini berdasarkan kriteria ISO 25010 dengan 4 aspek penilaian yaitu functionality, efficiency, usability, dan portability. Aplikasi dibangun menggunakan Construct 2 dan adobe Photoshop yang digunakan sebagai pembuatan desain pada game hasil penelitian menghasilkan game “Petualangan Bahasa Lampung” yang berjalan pada platform android. Hasil Pengujian kualitas aplikasi game “Petualangan Bahasa Lampung” dilakukan berdasarkan kriteria pengujian ISO 25010 yaitu berdasarkan 4 aspek Functionality memiliki bobot nilai rata-rata yaitu 100%, Efficincy memiliki bobot rata- rata nilai 89%, Usabillity memiliki bobot nilai rata-rata yaitu 87% , dan Portability memiliki bobot nilai 94% menyatakan bahwa model permainan game “Petualangan Bahasa Lampung” sudah layak dijadikan penerapan media dalam pengenalan Bahasa Lampung. Kata Kunci : Game Edukasi, Pengenalan Bahasa Lampung Dialek A dan O Construct 2.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pengenalan Bahasa Lampung Dialek A dan O Construct 2
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:08
Last Modified: 28 Nov 2022 03:08
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4092

Actions (login required)

View Item View Item