SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: SEKOLAH ISLAM NAZHIRAH)

ARDANA, DEVA DIAN (2022) SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER (STUDI KASUS: SEKOLAH ISLAM NAZHIRAH). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17312184.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b117312184.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b217312184.pdf - Published Version

Download (475kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17312184.pdf - Bibliography

Download (400kB)

Abstract

aat ini sekolah sangat membutuhkan sebuah teknologi informasi yang dapat menyampaikan informasi dengan cepat dan tepat. Sekolah Islam Nazhirah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang memiliki tugas pokok dalam menyelenggarakan kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Sebagai sebuah instansi dalam dunia pendidikan, proses untuk dapat menyampaikan sesuatu informasi tentang sekolah (SIAKAD), pengolahan untuk nilai raport, penerimaan peserta didik baru (PPDB), dan dalam penyampaian informasi kelulusan kepada siswa masih dilakukan dengan cara yang belum maksimal. Berdasarkan penjelasan permasalahan diatas, hal ini mendasari peneliti untuk mengajukan rancangan sebuah aplikasi sistem informasi yang berjudul “Sistem Informasi Sekolah Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Sekolah Islam Nazhirah)”. Pengembangan sistem informasi sekolah ini menggunakan tool yaitu Visual Studio Code dan penerapan framework Codeigniter serta menggunakan database MYSQL. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi sekolah ini adalah metode Extreme Programming. Pengujian sistem informasi sekolah dalam penelitian ini menggunakan ISO 25010 dan Blackbox Testing. Pengujian sistem menggunakan aspek ISO 25010 pada aspek functionality suitability (fungsionalitas) dan usability (kebergunaan) dan untuk pengujian Blackbox pada aspek functionality suitability (fungsionalitas) yang dilakukan dengan cara pengisian kuesioner. Untuk pengujian Blackbox pada aspek functionality suitability, responden terdiri dari 5 guru, 5 siswa, 5 calon siswa baru, 1 admin SIAKAD, dan 1 admin website profil sekolah. Pada pengujian aspek fungsionalitas memperoleh hasil 100% sistem informasi sekolah ini dianggap sangat layak untuk digunakan. Sedangkan untuk ISO 25010 pada aspek functionality suitability terdiri dari 1 responden bidang ahli dengan hasil pengujian 100% yang berarti sistem ini dapat berjalan dengan baik dan benar serta layak untuk digunakan. dan untuk ISO 25010 pada aspek Usability diperoleh skor sebesar 97.22%, yang dapat disimpulkan dengan menggunakan tabel tersebut diperoleh kesimpulan bahwa responden “Sangat Setuju” bahwa sistem tersebut dibuat dengan sesuai.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > PEMBUATAN WEBSITE
SISTEM INFORMASI (S1) > PEMBUATAN WEBSITE
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 26 Nov 2022 09:48
Last Modified: 26 Nov 2022 09:48
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item