PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEMA KEGIATANKU BERBASIS PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI JERANGKANG

ABI I., IRSYAD (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TEMA KEGIATANKU BERBASIS PUZZLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI JERANGKANG. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18312107.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak18312107.pdf - Published Version

Download (504kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b118312107.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b218312107.pdf - Published Version

Download (940kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18312107.pdf - Bibliography

Download (435kB)

Abstract

Pancasila merupakan dasar Negara Indonesia, yang mana dijadikan pedoman hidup berbangsa dan bernegara, dimana nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dijadikan dasar dan cara pandang untuk mengatur sikap dan perilaku masyarakat dikehidupan sehari-hari, Agar dapat mengamalkan pancasila harus terlebih dahulu menggenal dan menghafalkan isi dari setiap sila, namun saat ini banyak dari kalangan pelajar yang tidak paham dan gagal dalam menghafalkan isi dari Pancasila termasuk lambang Pancasila, terbukti dari hasil survey yang telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok terdapat 70% pelajar di kota Depok tidak mengetahui isi dari dasar-dasar Negara Indonesia, Maka dari itu penulis bertujuan mengembangkan sebuah game edukasi pancasila untuk anak-anak pelajar terkhususnya dikalangan sekolah dasar berbasis Android. Dalam proses pengembangan game edukasi ini penulis menggunkan metode GDLC (Game Development Live Cycle). Dengan pengujian menggunakan ISO 25010 terdiri dari pengujian aspek usability, fungcionality dan portability dengan beberapa sasaran responden terdiri dari 10 responden, kriteria pengujian aspek usability mendapatkan persentase 96,5% dengan responden yaitu guru dan murid, kriteria pengujian aspek fungcionality mendapatkan hasil persentase 97,5% dengan responden yaitu guru dan dosen sedangkan kriteria pengujian aspek portability dengan menguji beberapa versi android dan mendapatkan hasil persentase 100% dari ketiga pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa game edukasi pancasila mendapatkan hasil kriteria persentase hasil uji yaitu “Berhasil”.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Permainan edukasi, Game Development Live Cycle, pancasila, Construct 2
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 25 Nov 2022 09:23
Last Modified: 25 Nov 2022 09:23
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item