GAME MULTI-PLATFROM UNTUK ADAB DAN AKHLAK ANAK MUSLIM MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIVE CYCLE (GDLC)

NASYIAH, ANISATUN (2022) GAME MULTI-PLATFROM UNTUK ADAB DAN AKHLAK ANAK MUSLIM MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIVE CYCLE (GDLC). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16312323.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak16312323.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b116312323.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b216312323.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16312323.pdf - Bibliography

Download (93kB)

Abstract

salah satu poin utama islam adalah bahwa keyakinan kaidah, dan keyakinan jiwa adalah adab dan akhlak. Nabi Muhammad SAW diutus untuk menyempurnakan adab dan akhlak yang mulia. Bagi setiap umat islam hal paling mulia yang bisa dilakukan adalah mengisi waktu dan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, status seorang muslim dapat dinilai dari prilakunya dalam mengikuti petunjuk Nabi yang diwujudkan dalam setiap adab dan akhlaknya. Namun diera sekarang menunjukan bahwa tingginya ketergantungan generasi muda pada teknologi baru. Dalam waktu 1 x 24 jam mereka menggunakan perangkat smartphone lebih dari 2 jam untuk bermain Game yang ada di dalam smartphone. Disamping itu banyaknya Game-game yang kurang mendidik bermunculan. Hal tersebut membuat anak-anak malas untuk belajar dan mengurangi waktu belajar mereka. Hal tersebut menjadi pertimbangan untuk penulis membuat game edukasi adab dan akhlak untuk anak muslim untuk siswa-siswi sekolah dasar berbasis multi-platfrom. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Game Development Live Cycle (GDLC). Dengan metode pengujian menggunakan ISO 25010 untuk pengujian fungcionality dan portability dengan hasil pengujian kepada 14 responden yang membuktikan bahwa aplikasi mendapatkan kriteria “Berhasil” dengan persentase 95,24%. Pada aspek pengujian portability diberbagai platfrom yaitu smartphone android dan desktop windows, menunjukan bahwa aplikasi dapat diinstal dan berjalan dengan baik sehingga mendapatkan hasil kriteria uji “Berhasil” dengan persentase 100%.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game, Multi-platfrom, GDLC, ISO 25010
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:16
Last Modified: 25 Nov 2022 03:16
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item View Item