DESAIN INTERAKSI GAME “BELAJAR AKSARA LAMPUNG BERSAMA MULI” DENGAN METODE COLLISION DETECTION

PAMUNGKAS, THEO KUSUMA (2022) DESAIN INTERAKSI GAME “BELAJAR AKSARA LAMPUNG BERSAMA MULI” DENGAN METODE COLLISION DETECTION. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16312323.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak16312323.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b116312323.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b216312323.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16312323.pdf - Bibliography

Download (93kB)

Abstract

Interaction Design Game “Study Aksara Lampung With Muli” With Collision Detection Method Oleh : Theo Kusuma Pamungkas 18312100 Aksara lampung adalah salah satu aksara tradisional indonesia yang berkembang di selatan pulau sumatra. Aksara ini digunakan untuk menulis rumpun bahasa lampung dan bahasa melayu, Aksara lampung mempunyai jumlah aksara induk sebanyak 20 yakni : ka-ga-nga-pa-ba-ma-ta-da-na-ca-ja-nya-a-la-ra-sa-wa-ha-gha, Aksara Lampung aktif digunakan dalam sastra maupun tulisan sehari-hari masyarakat Lampung sejak pertengahan abad ke-17 hingga pertengahan abad ke-20 sebelum fungsinya berangsur-angsur tergantikan dengan huruf Latin. Perkembangan teknologi masa kini membuat masyarakat khusunya anak-anak mulai lupa dengan aksara lampung dan memilih bermain game melalui smartphone. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat game "Belajar aksara lampung bersama muli" berbasis android dengan desain yang mudah digunakan dan dapat difungsikan sebagai media hiburan media belajar dan media melestarikan budaya lampung. Metode pembuatan game ini adalah collision detection dimulai dari analisis perancangan, pembuatan dan pengujian. model permainan yang di sajikan berupa karakter muli sebagai tokoh utama, terdapat 1 permainan utama yaitu mencocokan aksara lampung dan 3 mode belajar yaitu perkenalan aksara lampung, perkenalan anak huruf aksara lampung dan melukis akasara lampung, Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan software construct 2

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Aksara Lampung, Edukasi, Collision detection, Game, Construck 2
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:08
Last Modified: 25 Nov 2022 03:08
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item