RANCANGAN UI/UX PADA GAME BELAJAR AKSARA LAMPUNG BERSAMA MULI (STUDI KASUS : SEKOLAH DASAR SWADHIPA NATAR)

KURNIAWAN, ANGGA YUDI (2022) RANCANGAN UI/UX PADA GAME BELAJAR AKSARA LAMPUNG BERSAMA MULI (STUDI KASUS : SEKOLAH DASAR SWADHIPA NATAR). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16312323.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak16312323.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
b116312323.pdf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text (BAB II Landasan Teori)
b216312323.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16312323.pdf - Bibliography

Download (93kB)

Abstract

Aksara Lampung merupakan bentuk tulisan yang memiliki hubungan dengan aksara Pallawa dari India Selatan. Saat ini minat dan keinginan masyarakat terutama di kalangan anak-anak dalam mempelajari Aksara Lampung semakin menurun. Dalam perkembangan teknologi yang ada saat ini, diperlukan sebuah media pendukung pembelajaran yang interaktif dan menghibur dengan tetap mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, saat ini adat dan budaya tergerus dan sudah mulai daerah ditinggalkan oleh masyarakat. Masyarakat Lampung khususnya kalangan pelajar telah terpengaruh akan budaya-budaya luar yang masuk sehingga mengakibatkan kurangnya ketertarikan untuk mempelajari budaya daerah Lampung khususnya bahasa dan Aksara daerah yang seharusnya dilestarikan dan dipelihara. Penggunaan simulasi dan game digital dalam proses pembelajaran diperkirakan akan meningkat selama beberapa tahun ke depan. Melalui sebuah game edukasi Belajar Aksara Lampung Bersama Muli para siswa dapat belajar aksara daerah lampung secara santai dan menyenangkan. Selain itu, game Belajar Aksara Lampung Bersama Muli juga dapat membantu dalam pengembangan keterampilan siswa melalui proses bermain, seperti mengenal aksara lampung, mengenal anak huruf, dan menulis anak huruf dan didalam game dipandu oleh suara seorang wanita yang bernama muli yang mendukung proses pembelajar lebih menarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Aksara Lampung, Aksara Palawa, Belajar akasara lampung bersama muli, Game edukasi.
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:00
Last Modified: 25 Nov 2022 03:00
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/4065

Actions (login required)

View Item View Item