PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG

Prastika, Yolanda Dwi (2021) PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK YADIKA BANDAR LAMPUNG. Strata 1 thesis, Universits Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17112006.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak17112006.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Bab I - Pendahuluan)
b117112006.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Bab II - Landasan Teori)
b217112006.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17112006.pdf - Bibliography

Download (300kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penilitian yang menggambarkan seberapa besar pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika, hasil belajar Matematika rendah, serta ada beberapa siswa yang nilai dibawah KKM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan analisis korelasional, dengan jumlah populasi sebanyak 95 siswa dan jumlah sampel sebanyak 30 siswa atau responden yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar matematika siswa yang terdiri dari 32 soal pernyataan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik penelitian ex-post facto. selanjutnya analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan pengujian hipotesis analisis korelasi spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar dan hasil belajar matematika siswa SMK Yadika Bandar Lampung berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 64,70 dan 64,87, Hasil analisis korelasi pada penelitian ini terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang memiliki pengaruh yang positif dan nilai koefisien korelasi nya sebesar 0,926 yang berada dalam kategori sangat kuat, maka dari itu dapat diartikan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa semakin baik pula hasil yang diperolehnya.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Minat Belajar
Subjects: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Divisions: Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 08 Mar 2022 09:20
Last Modified: 08 Mar 2022 09:20
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item