PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PT. KREDIT PLUS LAMPUNG

TITHANIA PUTRI, SHANDA (2021) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PT. KREDIT PLUS LAMPUNG. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17411201.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b117411201.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b217411201.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17411201.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17411201.pdf - Bibliography

Download (127kB)

Abstract

Persaingan bisnis yang kompetitif mengharuskan perusahaan untuk fokus pada kebutuhan yang diinginkanoleh pelanggan. Perusahaan mulai mengubah cara berpikirnya dari profit oriented ke faktor potensial lainnya, seperti minat pelanggan dan kepuasan pelanggan yang menjadi faktor utama yang harus diperhatikan perusahaan. Saat ini, sangat populer menggunakan sistem manajemen untuk menjalin hubungan dengan pelanggan yaitu dengan menerapkan sistem Customer Relationship Management (CRM). Tujuan penelitian ini secara garis besar adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan mengenai pengaruh penerapan Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Lokasi penelitian dilakukan di PT. Finansia Multi Finance Provinsi Lampung , penyebaran kuesioner dengan menggunakan google form. Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara dua variabel diatas, penulis menyebarkan kuesioner kepada 191 pelanggan aktif PT. Finansia Multi Finance. Hasilnya adalah variabel Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: CRM, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Metode Kuantitatif
Subjects: MANAJEMEN
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:50
Last Modified: 14 Feb 2022 04:50
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3597

Actions (login required)

View Item View Item