PERAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN KUALITAS PELAYANAN PADA LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada pelanggan PT Astra International Tbk – Honda Astra Motor Natar)

Tri Atmodjo, Bagus (2021) PERAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN KUALITAS PELAYANAN PADA LOYALITAS PELANGGAN (Survei pada pelanggan PT Astra International Tbk – Honda Astra Motor Natar). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17411331.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b117411331.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b217411331.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17411331.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17411331.pdf - Bibliography

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan memerlukan strategi yang mampu menghubungkan pelanggan dengan perusahaan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan menerapkan dan meningkatkan Customer Relationship Management (CRM) serta Kualitas Pelayanan. Fokus utama Customer Relationship Management (CRM) dan Kualitas Pelayanan adalah menciptakan Loyalitas Pelangan, dimana pelanggan yang loyal cenderung membuat perusahaan lebih banyak mendapatkan keuntungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji peran Customer Relationship Management (CRM) dan Kualitas Pelayanan pada Loyalitas Pelanggan PT Astra Internasional Tbk - Honda Astra Motor Natar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang telah melakukan pembelian atau telah menggunakan jasa PT Astra International Tbk – Honda (Astra Motor Natar). Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling dengan jumlah sampel yang diambil yaitu 100 orang responden. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer, yang diperoleh dengan cara penyebaran melalui kuesioner. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program IBM SPSS Statistics versi 20.0. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis, Customer Relationship Management (CRM) dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan pada Loyalitas Pelanggan. Artinya Customer Relationship Management (CRM) dan Kualitas Pelayanan yang baik akan meningkatkan Loyalitas Pelanggan di PT Astra International Tbk – Honda Astra Motor Natar.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM), kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan
Subjects: MANAJEMEN
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:27
Last Modified: 14 Feb 2022 02:27
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3577

Actions (login required)

View Item View Item