RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG

Nuralim, Riki (2021) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN ONLINE PADA SMK TRISAKTI JAYA BANDAR LAMPUNG. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full skripsi)
skripsi15312507.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
abstrak15312507.pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] Text (bab I-pendahuluan)
b115312507.pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (bab II_landasan teori)
b215312507.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
daftar_pustaka15312507.pdf - Bibliography

Download (74kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu tindakan atau proses yang didalamnya terdapat sifat mengatur dan juga upaya dalam mengorganisasikan lingkungan pendidikan yang ada disekitar siswa sehingga terciptanya situasi dan kondisi belajar. Dalam proses terjadinya pembelajaran harus dilengkapi dengan adanya interaksi yang edukatif, yaitu interaksi yang sadar akan hal dari tujuan pendidikan. E-learning muncul sebagai solusi utama atas banyaknya masalah yang ada seperti yang terjadi sekarang ini yaitu adanya situasi pandemi COVID-19. SMK Trisakti Jaya Bandar Lampung adalah sekolah berstatus swasta yang berada di provinsi lampung yang saat ini juga terkena dampak dari keputusan pemerintah yakni dialihkannya kegiatan belajar mengajar menjadi dirumah. Hal tersebut menyebabkan masalah terutama pada alat atau aplikasi sistem yang nantinya digunakan agar selalu dapat membantu menjadikan pembelajaran tetap efisien. Merancang sistem informasi pembelajaran online (e-learning) dengan menggunakan perancangan sistem secara fungsional, yaitu menggunakan usecase diagram, activity diagram, dan class diagram. Adapun untuk interface (tampilan sistem) yaitu dengan menggunakan aplikasi Frame Box dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman PHP sedangkan database menggunakan SQLYog dengan menggunakan metode pengembangan sistem Extreme Programming. Hasil penerapan yang telah dilakukan dengan uji ISO/IEC 25010 maka mendapat hasil dari perhitungan. Hasil aspek Functionality Suitability sebesar 100%, Performance Efficiency sebesar 89%, Usability sebesar 82,5%, dan Compatibility berjalan dengan baik ketika diuji dengan 3 buah smartphone berbeda.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, SMK Trisakti Jaya, ISO/IEC 25010, Covid-19
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PENERAPAN E-LEARNING
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:52
Last Modified: 11 Feb 2022 07:52
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3568

Actions (login required)

View Item View Item