PENERAPAN DATA MINING DALAM MARKET BASKET ANALISIS MENGGUNAKAN METODE APRIORI

Sholihin, Muhamad (2021) PENERAPAN DATA MINING DALAM MARKET BASKET ANALISIS MENGGUNAKAN METODE APRIORI. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16312204.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak16312204.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b116312204.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b216312204.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16312204.pdf - Bibliography

Download (215kB)

Abstract

Swalayan 212 Mart Kedaton Bandarlampung merupakan swalayan yang menjual bahan-bahan pokok dan kebutuhan barang rumah tangga Setiap hari 212 Mart melayani transaksi penjualan yang banyak dan salah satu masalah yang sering dihadapi adalah kurangnya stok barang yaitu ketersediaan barang sering kali tidak memadai kebutuhan pelanggan. Misalnya jumlah stok barang terlalu sedikit permintaan banyak, atau sebaliknya stok barang yang banyak tetapi permintaan sedikit, hal ini dapat menyebabkan kekecewaan pelanggan karena barang yang diinginkan sering kali habis dan juga kerugian bagi pengelola swalayan Metode yang sering digunakan untuk melakukan analisis pola perilaku belanja konsumen adalah analisis keranjang belanja atau Market Basket Analisis (MBA). Analisis ini merupakan salah satu metode dalam penambangan data (data mining) yang mempelajari tentang perilaku kebiasaan konsumen dalam membeli barang secara bersamaan dalam satu waktu. Melakukan analisis terhadap data transaksi yang diberikan oleh pihak 212 mart sehingga dalam melakukan perhitungan secara manual maupun secara sistem sehingga sistem dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Dalam proses algoritma apriori melakukan data sampel sebanyak 15 data transaksi yang didapat dari data 212 Mart, nilai min support yang di gunakan 4.0 dan nilai min confidence 4.0 menghasilkan 26 rule, pengujian dilakukan dengan mlakukan quisioner kepada karyawan sebanyak 6 karyawan dan seseorong ahli datamining dan system yang menghasilkan usability adalah 72,44% dan hasil fungsional menunjukan 92,59% dengan kategori Baik.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Datamining, Apriori, Market Basket Analisis
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Metode Komputer
SISTEM INFORMASI (S1) > Metode Komputer
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 11 Feb 2022 02:10
Last Modified: 11 Feb 2022 02:10
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item View Item