GAME EDUKASI PENGENALAN ALAT PEMBANGKIT LISTRIK MENGGUNAKAN SENSOR SMARTPHONE ANDROID (STUDY KASUS SD KARTIKA II – 5 BANDAR LAMPUNG)

Ma'sum, M Ali (2020) GAME EDUKASI PENGENALAN ALAT PEMBANGKIT LISTRIK MENGGUNAKAN SENSOR SMARTPHONE ANDROID (STUDY KASUS SD KARTIKA II – 5 BANDAR LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi13312654.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak13312654.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b113312654.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b213312654.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka13312654.pdf - Bibliography

Download (68kB)

Abstract

Banyaknya permasalahan yang dijumpai dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar sehingga para siswa mengalami kesulitan untuk memahami konsep-konsep yang diajarkan oleh guru cenderung menggunakan metode ceramah. Pembelajaran IPA untuk anak-anak Sekolah Dasar diketahui lebih efektif bila dibangun dengan menggunakan benda-benda konkrit sebagai dasar untuk membangun konsepkonsep ilmiah. Adapun beberapa masalah yang ada pada Sekolah Dasar Kartika II-5 Bandar Lampung ialah sedikitnya pengetahuan tentang alat pembangkit listrik, membawa alat praktik sendiri. Maka penting dibuat game edukasi pengenanalan alat pembangkit listrik menggunakan sensor smartphone agar pengetahuan siswa tentang alat pembangkit listrik semakin meningkat. Metode pengembangan Game edukasi yang digunakan dalam laporan ini ialah Metodologi Development Life Cicle (MDLC). Pengembangan ini memiliki 6 tahapan, yaitu concept, design, material collection, assembly, testing dan distribution. Tujuan dalam penelitian ini yaitu sebagai media hiburan, pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan tampilan user friendly dan memberi pengetahuan yang lebih banyak kepada siswa supaya mengenali alat pembangkit listri. Dengan adanya tujuan penelitian, game ini bisa digunakan sebagai media alternatif pembelajaran guru dalam merubah cara belajar konvensional menjadi cara belajar simulasi game, seingga dapat mengembangkan kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, Metode MDLC, IPA
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 09 Feb 2022 06:27
Last Modified: 09 Feb 2022 06:27
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3532

Actions (login required)

View Item View Item