PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEL TUMBUHAN DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID

Siregar, Yoshua Maranata (2021) PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEL TUMBUHAN DENGAN METODE MARKER BASED TRACKING BERBASIS ANDROID. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17312272.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak17312272.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b117312272.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b217312272.pdf - Published Version

Download (681kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17312272.pdf - Bibliography

Download (305kB)

Abstract

Perkembangan dunia teknologi akhir-akhir ini sangat meningkat, dan hampir merata di semua bidang, terutama di bidang pendidikan. Augmented reality merupakan teknologi yang menjanjikan dan dapat mendorong siswa untuk bereksplorasi sehingga dapat berkembang secara kreatif dan kritis dalam memahami suatu materi pembelajaran. Kelemahan metode pembelajaran menggunakan buku dan gambar 2D dari slide, menyebabkan beberapa dari siswa tidak fokus pada materi yang sedang diajarkan karena minimnya interaksi siswa terhadap materi. Teknologi augmented reality merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk menggabungkan objek dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah tampilan dunia nyata dengan citra virtual melalui perantara kamera secara real time Aplikasi AR Sel Tumbuhan dibuat menggunankan bantuan software Unity 3D dan dalam pengembangan aplikasi AR Sel Tumbuhan, teknik Marker Based Tracking berhasil diimplementasikan untuk menampilkan objek 3D dari sel tumbuhan serta bagian-bagiannya sesuai dengan marker. Berdasarkan pengujian yang sudah dilakukan baik pengujian alpha maupun pengujian beta dengan menggunakan aspek pengujian ISO 25010, aplikasi AR Sel tumbuhan mendapat skor 100% pada pengujian functionality suitability dimana semua fungsi yang terdapat pada aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dan untuk pengujian pada aspek usability aplikasi AR Sel tumbuhan mendapatkan nilai 88,2% dari pengguna dengan kriteria “Sangat Baik”. Pada pengujian aspek portability, aplikasi AR Sel Tumbuhan juga dapat terinstall dan dijalankan dengan baik pada semua spesifikasi smartphone yang diujikan dengan versi android minimum yaitu android 5.0 (Lolipop).

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Marker Based Tracking, Android, Sel Tumbuhan, Media Pembelajaran
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID

SISTEM INFORMASI (D3) > PENERAPAN E-LEARNING
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 07 Feb 2022 08:24
Last Modified: 07 Feb 2022 08:24
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3472

Actions (login required)

View Item View Item