Penerapan Dan Implementasi Aplikasi Mixed Reality 3D Sebagai Media Pembelajaran Benda Bersejarah Di Museum Lampung Berbasis Android

-, Nopriansyah (2021) Penerapan Dan Implementasi Aplikasi Mixed Reality 3D Sebagai Media Pembelajaran Benda Bersejarah Di Museum Lampung Berbasis Android. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16312142.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak16312142.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Bab I - Pendahuluan)
b116312142.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (Bab II - Landasan Teori)
b216312142.pdf - Published Version

Download (613kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16312142.pdf - Bibliography

Download (191kB)

Abstract

Museum Negeri Provinsi Lampung Ruwa Jurai mulai berdiri pada tahun 1975/1976. Museum Lampung diresmikan oleh Prof. Dr. Fuad Hasan. Museum mempunyai peran penting dalam dunia pendidikan sejarah sebagai lembaga pendidikan nonformal kepada pelajar. Kurangnya minat pelajar dalam mempelajari sejarah dikarenakan museum yang terkesan kuno/ tidak modern, pelajar hanya memperoleh informasi masih melalui tulisan, pemandu wisata, dan brosur. Pandemi Covid-19 juga menjadi dampak paling besar dari menurunnya pengunjung Museum Lampung. Dengan memanfaatkan teknologi aplikasi Mixed Reality sebagai media pembelajaran benda bersejarah di smartphone berbasis android untuk membantu dalam pembelajaran benda bersejarah di Museum Lampung. Pada penelitian ini, aplikasi yang penulis buat belum bisa memenuhi target yang penulis inginkan sesuai dengan judul penelitian dimana penulis belum berhasil membuat aplikasi Mixed Reality yang tepat, sehingga penulis hanya bisa membuat Augmented Reality dan Virtual Reality secara terpisah. Kendala yang penulis alami yaitu, kurangnya referensi untuk membangun aplikasi Mixed Reality di aplikasi Unity, baik itu dari tutorial youtube maupun buku yang membahas tentang Mixed Reality dan keterbatasan biaya karena mahalnya biaya hardware yang mendukung teknologi Mixed Reality seperti Microsoft Hololens dan Acer Windows Mixed Reality

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Museum Lampung, Mixed Reality, image-based modeling, blender, unity
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 07 Feb 2022 08:39
Last Modified: 07 Feb 2022 08:41
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item