PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TUMBUHAN BUNGA LANGKA DI LINDUNGI (STUDI KASUS: KELAS IV SDN 03 SIDODADI)

Wardani, Kadek Nova Yulia (2020) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TUMBUHAN BUNGA LANGKA DI LINDUNGI (STUDI KASUS: KELAS IV SDN 03 SIDODADI). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16312068.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak16312068.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b116312068.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b216312068.pdf - Published Version

Download (763kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16312068.pdf - Bibliography

Download (301kB)

Abstract

Indonesia adalah sebuah negara yang mempunyai letak geografis yang unik dan menarik, karena letak geografis inilah yang membentuk suatu karakteristik unik dan menarik dari kekayaan ragam hayati Flora dan Faunanya. Dengan kekayaan ragam hayati ini maka menghasilkan aneka ragam flora dan fauna Indonesia salah satunya tumbuhan bunga langka dilindungi (Flora Endemik) yang adanya perburuan dan perdagangan liar adalah beberapa faktor yang menyebabkan terancamnya keanekaragaman hayati. Flora endemik memiliki ciri khas yang perlu dipelajari dan dilestarikan untuk mendorong usaha penyelamatan sumberdaya alam yang ada, dan adanya realitas meningkatnya keterancaman dan kepunahan sumberdaya hayati, maka ditetapkan adanya status kelangkaan suatu spesies. Berdasarkan wawancara di SDN 03 Sidodadi, dapat disimpulkan bahwa terbatasnya media pembelajaran untuk mengenalkan flora endemik kepada siswa. Dengan menggunakan teknologi smartphone dan augmented reality untuk mengenalkan flora endemik kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi Augmented Reality AR Flora Endemik yang diharapkan dapat membantu mengenalkan flora endemik kepada siswa kelas 4 SDN 03 Sidodadi. Aplikasi dibuat menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK yang dijalankan pada perangkat android. Aplikasi ini dibangun dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan yaitu, concept, design, obtaining material, assembly, testing, dan distribution. Hasil pengujian ISO 25010 kualitas aplikasi Augmented Reality AR Flora Endemik diperoleh hasil dari masing-masing kriteria yang diujikan yaitu: kriteria Functional Suitability diperoleh nilai sebesar 100%, kriteria Operability diperoleh nilai sebesar 92%, kriteria Transferability diperoleh nilai sebesar 100%, Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai persentase yang diperoleh menunjukkan kualitas perangkat lunak secara keseluruhan mempunyai skala “Sangat Baik” dan dinilai layak untuk diterapkan pada kelas 4 SDN 03 Sidodadi.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, flora endemik, augmented reality, ISO 25010, Unity 3D
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > Metode Komputer
SISTEM INFORMASI (S1) > Metode Komputer
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 05 Feb 2022 04:27
Last Modified: 05 Feb 2022 04:27
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

View Item View Item