IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAK DASAR TARI SIGEH PENGUNTEN

Rohman, Fatchur (2020) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GERAK DASAR TARI SIGEH PENGUNTEN. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi15312610.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Abstrak)
abstrak15312610.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Bab I-Pendahuluan)
b115312610.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (Bab II-Landasan Teori)
b215312610.pdf - Published Version

Download (530kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka15312610.pdf - Bibliography

Download (377kB)

Abstract

Saat ini di Provinsi Lampung, untuk dapat mempelajari gerak dasar Tari Sigeh Pengunten masih kurang berkembang, karena media pembelajaran Tari Sigeh Pengunten yang dapat digunakan saat ini adalah melalui pelatihan tari secara langsung maupun secara tidak langsung (melalui media sosial youtube), dimana untuk proses latihan menari secara langsung sangat dibatasi oleh waktu dan tempat. Untuk proses latihan melalui media sosial terkadang gerakan yang dipelajari dapat berbeda dari gerakan asli Tari Sigeh Pengunten yang dibakukan. Sedangkan mempelajari gerak dasar Tari Sigeh Pengunten, penari harus mengetahui gerakan dasar terlebih dahulu, lalu mengingat gerakan tari satu persatu, dan untuk mengingat gerakan tersebut penari tidak bisa hanya mengulang satu atau dua kali saja, namun harus berulang kali sampai benar-benar memahami gerakan tarian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran berbasis mobile dengan menerapkan Augmented Reality yang berfokus pada latihan gerak dasar Tari Sigeh Pengunten dengan memanfaatkan Smartphone, dengan materi yang bersumber dari seseorang yang menguasai mengenai seni tari. Pembangunan aplikasi media pembelajaran ini menggunakan software Blender untuk mengembangkan model 3D, software Unity untuk menyatukan komponen-komponen yang dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi sehingga menciptakan suatu hasil akhir aplikasi mobile android. Pengujian pada aplikasi ini menggunakan Black Box yang dimana terdapat 2 tahapan pengujian yaitu pengujian Alpha dan pengujian Beta. Untuk pengujian Alpha seluruh responden setuju aplikasi yang dibangun telah memenuhi kebutuhan pengguna dan pengujian Beta mendapatkan 91,68%. Maka dapat disimpulkan hasil perhitungan pengujian Alpha dan pengujian Beta bahwa aplikasi Augmented Reality Tari Sigeh Pengunten ini dinyatakan sangat baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Tari Sigeh Pengunten, Media Pembelajaran.
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 05 Feb 2022 03:39
Last Modified: 05 Feb 2022 03:39
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3399

Actions (login required)

View Item View Item