APLIKASI CHATBOT BERBASIS WEB PADA SISTEM LAYANAN PUBLIK KESEHATAN (STUDY KASUS : RS URIP SUMOHARJO

Yuliyanto, - (2021) APLIKASI CHATBOT BERBASIS WEB PADA SISTEM LAYANAN PUBLIK KESEHATAN (STUDY KASUS : RS URIP SUMOHARJO. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17311403.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b117311403.pdf - Published Version

Download (202kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17311403.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17311403.pdf - Bibliography

Download (409kB)

Abstract

RS Urip Sumoharjo adalah merupakan salah satu Rumah Sakit yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah Lampung khususnya dan umumnya untuk masyarakat Lampung. Instalasi farmasi RS Urip Sumoharjo merupakan salah satu sumber pemasukan terbesar bagi rumah sakit dikarenakan berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Terdapat masalah pada pelayanan farmasi yang ada di RS Urip Sumoharjo yaitu banyak pasien yang tidak mengetahui informasi jenis obat yang diberikan dikarenakan kebanyak dokter atau perawat tidak menjelaskan secara detail mengenai obat yang diberikan kepada pasien, serta tidak adanya aplikasi untuk mengetahui jenis obat sehingga pasien harus datang langsung ke bagian farmasi. Pada penelitian ini menggunakan metode pengembangan extreme Programming dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Implementasi pemrograman ini menggunakan software Sublime Text 3 sebagai editor Website (HTML, CSS, javascript, PHP) dan MySQL sebagai tempat penyimpanan database. Hasil implementasi yang dibangun akan diuji menggunakan pengujian ISO 25010 dengan aspek functiolaity dan usability. Tujuan penelitian ini adalah merancang aplikasi chatbot, untuk meningkatkan pelayanan pasien khususnya pada instansi farmasi dan mempermudah pasien dalam memperoleh informasi seputar pelayanan farmasi secara cepat dan tepat tanpa harus datang langsung ke bagian farmasi. Kata Kunci : Chatbot, Extreme Programming, ISO 25010

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Chatbot, Extreme Programming, ISO 25010
Subjects: SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
SISTEM INFORMASI (S1) > APLIKASI ANDROID
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:03
Last Modified: 14 Jan 2022 03:03
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item View Item