GAME EDUKASI PENGENALAN BAHASA LAMPUNG UNTUK SISWA SD KELAS IV (STUDI KASUS : SDN 1 SAWAH LAMA BANDAR LAMPUNG)

Pratama, Muhamad Eki (2021) GAME EDUKASI PENGENALAN BAHASA LAMPUNG UNTUK SISWA SD KELAS IV (STUDI KASUS : SDN 1 SAWAH LAMA BANDAR LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17311230.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b117311230.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17311230.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17311230.pdf

Download (14kB)

Abstract

Bahasa Daerah di Indonesia khususnya bahasa lampung mengalami kemunduran secara signifikan bahkan terancam punah. Masyarakat dalam melestarikan bahasa lampung bisa dengan mengenalkan sedini mungkin dengan anak-anak dan menggunakan bahasa tersebut untuk kehidupan sehari-hari, saat ini faktanya masyarakat jarang manggunakan bahasa lampung. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan pembelajaran kepada anak-anak khususnya pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Sawah Lama Bandar Lampung bahwa bahasa Lampung ini penting di lestarikan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Pengujian pada penelitian ini menggunakan standar ISO 25010, pengujian yang dilakukan yaitu aspek Functional Suitability, Usability dan Compatibility. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa (1) proses untuk membangun game yang menggabungkan unsur edukasi dan hiburan dapat menggunakan metode pengembang MDLC (Multimedia Development Life Cycle), (2) Proses pengembangan game edukasi pengenalan bahasa lampung di mulai dengan membuat konsep game, setelah itu pembuatan desain game mulai dari storyboard, struktur navigasi dan flowchart. Storyboard dibuat dengan Photoshop, struktur navigasi serta flowchart dibuat menggunakan Word. Pengumpulan materi dan proses pembuatan game dilakukan secara bersamaan, pembuatan game menggunakan tools construct 2 yang mendukung dalam pembuatan game 2 dimensi dengan platform android. Kata Kunci : Game Edukasi, Pengenalan Bahasa Lampung, Pengembangan MDLC, ISO 25010, Android

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pengenalan Bahasa Lampung, Pengembangan MDLC, ISO 25010, Android
Subjects: INFORMATIKA > Games Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:39
Last Modified: 14 Jan 2022 02:39
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3366

Actions (login required)

View Item View Item