PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK KOLEKSI KAIN TAPIS (STUDY KASUS: UPTD MUSEUM NEGERI PROVINSI LAMPUNG)

Alifah, Rida (2021) PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK KOLEKSI KAIN TAPIS (STUDY KASUS: UPTD MUSEUM NEGERI PROVINSI LAMPUNG). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi16311286.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (36MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b116311286.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak16311286.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka16311286.pdf - Bibliography

Download (66kB)

Abstract

Museum Lampung menyajikan berbagai koleksi zaman prasejarah dan masa sejarah sebagai bukti dari masa lalu kuno. Seluruh koleksi Museum Lampung berjumlah sekitar 4.754 buah yang diklasifikasikan menjadi 10 kelompok yaitu, geologi, biologi, etnografi, arkeologi, koleksi bersejarah, numismitik/heraldik, Philological, ceramological, seni, dan teknologi. Museum Lampung sampai dengan saat ini belum memiliki data terkait dengan koleksi kain yang dibuat secara digital. Oleh karena itu, bila ingin ada masyarakat yang ingin mengakses data tentang koleksi kain Tapis, maka yang bersangkutan harus datang ke museum atau datang ke perpustakaan dimana buku-buku tentang koleksi kain Tapis Museum Lampung tersedia. Metode dalam penelitian ini adalah MDLC dengan pengujian sistem yaitu ISO 25010. Hasil penelitian ini adalah membangun suatu aplikasi Augmented Reality (AR). AR memiliki salah satu kelebihan antara lain yaitu dapat mengimpementasikan secara luas dalam berbagai media. Seiring berkembangnya teknologi tersebut penggunaan teknologi AR pada proses menggunakan gambar ke dalam bentuk animasi 3D yang menarik untuk membantu mempermudah dan memperluas penyebaran informasi tentang Koleksi Museum Tekstil Kain Tapis sebagai salah satu Kebudayaan Lampung. Aplikasi AR Tapis tersebut dibangun dengan alasan agar dapat diakses oleh semua kalangan yang ingin mengetahui tentang Kain Tapis sebagai salah Kebudayaan yang dimiliki Museum Lampung. Kata Kunci : Koleksi Tapis, Augmented Reality, MDLC, ISO 2501

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Koleksi Tapis, Augmented Reality, MDLC, ISO 25010
Subjects: TEKNIK KOMPUTER (S1) > Sistem Basis Data
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:02
Last Modified: 15 Dec 2021 03:02
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3182

Actions (login required)

View Item View Item