PENERAPAN DATA MINING UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS PADA DATA PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ECLAT DAN APRIORI (Studi Kasus : 212 Mart

Fidiawati, Ratih (2021) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS PADA DATA PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ECLAT DAN APRIORI (Studi Kasus : 212 Mart. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18231028.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b118231028.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18231028.pdf - Published Version

Download (7kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18231028.pdf - Bibliography

Download (6kB)

Abstract

Pertumbuhan bisnis ritel yang semakin pesat membuat persaingan dalam menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis keranjang belanja atau market basket analysis pada sebuah Minimarket. Menggunakan dua algoritma yaitu algoritma Eclat dan algoritma Apriori untuk menganalisis data penjualan, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui algoritma yang paling baik dalam mencari aturan asosiasi atau association rule dari data penjualan serta memberikan informasi terkait barang apa yang paling banyak terjual juga untuk mengetahui item barang apa yang harus dipajang pada rak penjualan secara besamaan. Berdasarkan Hasil Implementasi Algoritma Eclat dan Apriori disimpulkan bahwa algoritma Eclat bekerja dengan lebih baik dibanding algoritma Apriori terlihat dari proses mencari rule dari data penjualan 212 Mart, algoritma Eclat menghasilkan rule sebanyak 86 item dengan waktu 0.01s, sedangkan algoritma Apriori mengahsilkan rule sebanyak 61 rule dengan waktu 0,00s, Hasil dari Implementasi Algoritma Eclat menggunakan R mendapatkan rule paling kuat yaitu antara item INDOMIE GORENG 80G dan INDOMIE KARI AYAM 72G dengan nilai support 0.016460905. Sedangkan Hasil dari implementasi algortima Apriori rule yang didapat dengan nilai lift tertinggi yaitu jika pelanggan membeli item FRISIAN FLAG HILO FRENCH VANILLA 225 ML dan FRISIAN FLAG HILO STRAWBERRY 225ML maka membeli juga FRISIAN FLAG LOW FAT BELGIAN CHOCOLATE 250ML dengan nilai support 0.006172840 dan nilai confidence 1.00 serta nilai lift 121.500. Kata Kunci: MBA, ECLAT, APRIORI, R, Data Mining

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: MBA, ECLAT, APRIORI, R, Data Mining
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > ANALISIS APLIKASI E-MARKETING
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:07
Last Modified: 15 Dec 2021 02:07
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3178

Actions (login required)

View Item View Item