PERBANDINGAN ANALISIS MARKET BASKET UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH DAN APRIORI

Pratiwi, Evi Dwi (2021) PERBANDINGAN ANALISIS MARKET BASKET UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH DAN APRIORI. Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi18231028.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b118231028.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak18231028.pdf - Published Version

Download (7kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka18231028.pdf - Bibliography

Download (6kB)

Abstract

Pada saat ini, perkembangan teknologi sangatlah pesat terutama pada bidang bisnis. Pemanfaatan teknologi dalam dunia bisnis dapat membantu pelaku bisnis dalam menyusun strategi untuk dapat bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Sehingga, perusahaan dapat menjalankan bisnisnya dengan baik. Perusahaan dapat memanfaatkan data penjualan untuk mengetahui informasi lebih banyak yang dapat membantu pelaku bisnis untuk mengambil keputusan. Penggunaan data mining dapat menjadi salah satu cara untuk mengolah data transaksi guna untuk mengetahui pola pembelian konsumen yang ada pada toko warga. Data Mining merupakan suatu teknik yang membahas mengenai penggalian atau pengumpulan data.informasi yang dikumpulkan biasanya berupa pola-pola yang tersembunyi pada data, serta hubungan setiap elemen-elemen data, ataupun model untuk keperluan data (Adinugroho & Sari, 2018).. Dalam melakukan penelitian ini penulis menerapkan metode asosiasi atau sering disebut dengan Market Basket Analysis untuk pengolahan data transaksi. Menurut (Ikhwan, dkk, 2015: 217). Pada penelitian ini algoritma yang digunakan yaitu FP-Growth dan Apriori. Hasil penelitian dari data transaksi sebanyak 1641 data dengan minimum support 0,09 dan confidence 0.9 didapatkan hasil yaitu algoritma Fp-Growth 6 second menghasilkan 19 rules dan terbentuk kombinasi sebanyak 3 item dengan kekuatan aturan 112,66% dan akurasi sebesar 217%. Sedangkan algoritma Apriori 30 second menghasilkan 6 rules dan membentuk kombinasi 3 item dengan kekuatan aturan 52,47% dan akurasi sebesar 46%. Dari hasil perbandingan algoritma dapat ditarik kesimpulan bahwa algoritma Fp-Growth lebih baik dibanding algoritma Apriori. Keywords: Data Mining, Market Basket Analysis, Association Rule, Algorithm, Apriori, FP-Growth Algorithm, Rapid Miner

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Market Basket Analysis, Association Rule, Algorithm, Apriori, FPGrowth Algorithm, Rapid Miner
Subjects: TEKNIK KOMPUTER (S1) > Algoritma dan Pemrograman
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 10 Dec 2021 02:50
Last Modified: 10 Jan 2023 07:27
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item View Item