PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN)

Fariyanto, Feri (2021) PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17231018.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b117231018.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17231018.pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17231018.pdf - Bibliography

Download (105kB)

Abstract

Selama ini dalam proses pemilihan kepala desa di Kampung Kuripan, pemilih yang wajib hadir untuk dapat mengikuti proses pemilihan. Selain terlalu banyak uang yang harus dikeluarkan, ada juga pemilih yang merupakan warga masyarakat yang merantau sehingga tidak bisa memberikan hak suaranya dalam pemilihan kepala desa. Sebagian besar warga perantauan terkadang sulit menggunakan hak suaranya dalam pemilu karena jarak perantauan dengan daerah asal yang jauh dan beberapa alasan lain. Penelitian ini akan menghasilkan sebuah rancangan sistem aplikasi pemungutan suara berupa electronic voting (e-voting) untuk masyarakat perantauan. Rancangan sistem yang dihasilkan diharapkan mampu memberikan gambaran untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait electronic voting dan menjadi solusi bagi masyarakat perantauan dalam penggunaan hak suara mereka. Sistem e-voting diharapkan akan membantu masyarakat perantauan menggunakan hak suara mereka sehingga walaupun mereka tidak kembali ke daerah asal mereka tetap dapat menggunakan hak suara mereka. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking, yang mencakup tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Testing. Pada tahap pengujian, penelitian ini menggunakan pengujian usability dan perhitungan system usability scale (SUS) untuk menguji kegunaan prototipe. Pengujian User Experience Questionnaire (UEQ) untuk menguji pengalaman pengguna prototipe dalam penelitian ini. Hasil pengujian kegunaan dengan perhitungan SUS diperoleh hasil 77.00, nilai ini berada pada tingkatan baik (grade B). Hasil pengujian UEQ untuk mendapatkan pengalaman pengguna yaitu tingkat daya tarik yang diperoleh adalah 1,967 pada tingkat yang luar biasa, dan tingkat kejelasan adalah mencapai 2,075, yang berada di atas level luar biasa, pada tingkat efisiensi 1,800 pada level yang baik, level ketepatan 1,975 berada pada level dan skala yang luar biasa, tingkat stimulasi 2,000 dan tingkat keterkinian 1,250 di level yang luar biasa. Maka dapat disimpulkan bahwa prototipe yang diajukan memiliki pengalaman pengguna yang positif berdasarkan ukuran UEQ. Kata Kunci : Design Thinking, Electronic Voting (E-voting), Usability Testing

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Electronic Voting (E-voting), Usability Testing.
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PERANCANGAN APLIKASI
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:12
Last Modified: 08 Dec 2021 03:12
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3128

Actions (login required)

View Item View Item