Efektifitas Pembelajaran Kecerdasan Buatan secara Daring oleh Nodeflux dengan platform MOOC SEAMOLEC

Saniati, Saniati and Aziz Assuja, Maulana (2020) Efektifitas Pembelajaran Kecerdasan Buatan secara Daring oleh Nodeflux dengan platform MOOC SEAMOLEC. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text (Laporan Penelitian Eksternal)
Laporan Penelitian PTJJ 2020 -Efektifitas Pembelajaran AI secara daring oleh Nodeflux.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring merupakan tuntutan pada masa revolusi industri 4.0 ditambah lagi dengan kondisi pandemi Covid 19 yang membatasi ruang gerak secara fisik. Media pembelajaran jarak jauh menjadi kebutuhan institusi pendidikan dalam pelaksanaan pembelajaran daring termasuk SEAMOLEC yang telah fokus menghadirkan fasilitas pembelajaran jarak jauh seperti MOOC (Massive Online Open Courses). Ketersediaan MOOC SEAMOLEC akan dimanfaatkan oleh Nodeflux yang merupakan perusahaan Vision Artificial Intelligence di Indonesia untuk pembelajaran daring Kecerdasan Buatan dengan Penerapan pada Penglihatan Komputer. Untuk mengetahui seberapa optimal pelaksanaan pembelajaran daring tersebut, maka diusulkan penelitian untuk menilai efektifitas pembelajaran Kecerdasan Buatan secara Daring oleh Nodeflux dengan platform MOOC SEAMOLEC. Penelitian melibatkan 20 mahasiswa dari Universitas Teknokrat Indonesia yang terbagi menjadi 2 kelompok. Metode pembelajaran secara syncronous dan asynchronous. Ada 5 materi utama yang disampaikan dan disertai kegiatan pretest, posttest dan project tugas akhir. Efektifitas dinilai berdasarkan penilaian test dan pengamatan oleh pengkaji yang telah memiliki pengalaman mengajar materi terkait pada perguruan tinggi. Berdarkan pelaksanaan pembelajaran, pretest dan posttest pada penelitian ini disimpulkan bahwa beberapa materi Kecerdasan Buatan yang disampaikan cukup efektif diimplementasikan, namun beberapa materi lainnya (Machine Learning dan Deep Learning) kurang efektif diimplementasikan. Menurut analisis pengkaji beberapa hal yang berpotensi mempengaruhi ketidakefektifan pembelajaran yaitu background pengetahuan peserta, kepadatan materi tiap sesi, waktu penyampaian materi, lompatan informasi antar sesi dan sebagian materi belum didapatkan dibangku perkuliahan (Deep Learning). Ujicoba pada kelompok berbeda juga menunjukkan perbedaan efektifitas terkait sebaran pemahamannya. Dari sisi metodologi pembelajaran oleh pemateri sudah cukup baik, namum perlu perbaikan dalam hal pengelolaan kelas dan pelaksanaan praktek secara asynchronous. Upaya peningkatan efektifitas dapat dilakukan dengan pembaharuan rancangan pembelajaran yang mampu mengakomodasi keragaman background pengetahuan peserta atau memberikan syarat minimum bagi calon peserta didik, perlunya pengaturan waktu sesi materi dengan menyesuaikan kesulitan atau kerapatan materi, kaji ulang keterkaitan antar materi agar tidak terjadi lompatan informasi, peningkatan kemampuan pengelolaan kelas agar interaksi pembelajaran menjadi kondusif serta perbanyak praktek terpandu agar tujuan pembelajaran secara menyeluruh dapat tercapai.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: INFORMATIKA
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Informatika
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 06 Dec 2021 03:26
Last Modified: 30 Jan 2023 04:23
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3103

Actions (login required)

View Item View Item