Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Gedong Tataan)

Syaputra, Rendi (2021) Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (Studi Kasus : SMA Negeri 1 Gedong Tataan). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi17311338.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b117311338.pdf - Published Version

Download (27kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak17311338.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka17311338.pdf - Bibliography

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar kebutuhan akan adanya masalah metode pembelajaran dimasa COVID-19 dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan untuk mencari alternatif Learning Management Sistem (LMS) yang terbaik untuk proses pembuatan metode pembelajaran secara online. Dengan sistem ini diharapkan dapat membantu guru dan siswa menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan baik dan efektif dan tentunya dapat diakses dimanapun dan kapanpun sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya. Pada penelitian ini Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Analitical Hierarchy Process (AHP), dengan menggunakan metode ini kita dapat mengetahui LMS mana yang akan dipakai sesuai dengan alternatif (Moodle, A-Tutor dan Dokeos) dan kriteria (Pengguna, Fitur, Penilaian otomatis, dan Biaya) yang telah ditentukan dan sesuai dengan keinginan guru-guru berdasarkan hasil kuisioner yang telah dilakukan, dan berhasil mengumpulkan data sebanyak 30 responden menggunakan Formulir kepada guru-guru. Dari kuisioner yang telah dilakukan, penulis menggunakan aplikasi Expert Choices sebagai tool untuk mempercepat mencari jawaban yang terbaik dengan menggunakan metode AHP dan mendapatkan hasil Moodle sebagai LMS terbaik dengan nilai 715, sedangkan A-Tutor dengan nilai 218 dan Dokeos dengan nilai 067. Kemudian berdasarkan penelitian tersebut selanjutnya di implementasikan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan dengan Platform Moodle. Hasil dari implementasi ini selanjutnya diuji dengan ISO 25010 dengan 3 kriteria dalam ISO 25010 yaitu Functional Suitability, Usability, dan Performance Efficiency. Berdasarkan perhitungan dan kriteria pengujian aspek usability masuk dalam kategori kriteria sangat baik dengan nilai presentase 96,80 %. Sehingga Sistem Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Gedong Tataan secara keseluruhan dapat dikatakan Sangat Baik. Kata Kunci : Learning Management Sistem, Decission Support System, ELearning,Analitical Hierarchy Process.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: Learning Management Sistem, Decission Support System, ELearning,Analitical Hierarchy Process
Subjects: SISTEM INFORMASI (D3) > PENERAPAN E-LEARNING
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 03 Dec 2021 04:21
Last Modified: 03 Dec 2021 04:21
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3093

Actions (login required)

View Item View Item