PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENDUKUNG MARKETING CREDIT EXECUTIVE (STUDI KASUS: PT FIF GROUP)

Warsela, Merti (2021) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENDUKUNG MARKETING CREDIT EXECUTIVE (STUDI KASUS: PT FIF GROUP). Strata 1 thesis, Universitas Teknokrat Indonesia.

[img] Text (Full Skripsi)
skripsi15311806.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Pendahuluan)
b115311806.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Abstrak)
abstrak15311806.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka15311806.pdf - Bibliography

Download (234kB)

Abstract

PT. FIF Group merupakan grup perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan konsumen terutama untuk pembiayaan motor dan mobil serta peminjaman dana tunai. Di Kota Bandar Lampung FIF merupakan perusahaan pembiayaan terbesar dengan jumlah nasabah pada tahun 2020 sekitar 283.000 jiwa. Seiring bertambahnya jumlah nasabah yang ada, mengakibatkan adanya permasalahan yaitu bagaimana memperoleh dan memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan dengan cepat. Banyak nasabah yang menyampaikan keluhannya karena keterbatasan sarana dalam memperoleh informasi dan promosi mengenai peminjaman dana serta melakukan pendaftaran peminjaman dana. Sistem yang berjalan pada saat ini proses pendaftaran dan pengajuan berkas dokumen harus datang langsung ke perusahaan. Permasalahan lain juga terjadi pada bagian Marketing Credit Executive (MCE) dimana proses validasi data nasabah tidak bisa dilakukan secara mandiri, dikarenakan data nasabah hanya dapat dilihat pada komputer admin di perusahaan. Pihak Marketing Credit Executive (MCE) harus menghubungi admin terlebih dahulu ketika ingin melakukan validasi data nasabah yaitu mengetahui apakah nasabah tersebut merupakan nasabah yang masih aktif dan masih memiliki tanggungan peminjaman, pernah memiliki riwayat peminjaman dana yang tidak disiplin serta untuk mengetahui apakah nasabah tersebut merupakan nasabah baru. Dengan rata-rata jumlah nasabah 80 perhari hal ini mnyebabkan keterlambatan proses validasi dari pihak Marketing Credit Executive (MCE) dikarenakan harus menunggu konfirmasi dari admin perusahaan. Dari permasalahan di atas maka perlu adanya suatu media yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang dapat menambah tingkat kepuasan pelanggan dan memicu loyalitas pelanggan, salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan konsep Customer Relationship Management (CRM) Adanya sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh perusahaan serta perusahaan dapat membangun ikatan yang lebih kuat dengan para nasabah yang bertujuan untuk memaksimalkan loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Strata 1)
Uncontrolled Keywords: CRM, Marketing Credit Executive, PT.FIF Group, Blackbox
Subjects: MANAJEMEN > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:35
Last Modified: 03 Dec 2021 02:35
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3089

Actions (login required)

View Item View Item