ANALISIS DATA PENJUALAN HANDPHONE DAN ELEKTRONIK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : CV REY GASENDRA) Data Analysis of Mobile Phone and Electronic Sales using Apriori Algorithm (Case Study : CV Rey Gasendra)

shely amalia, fadila (2021) ANALISIS DATA PENJUALAN HANDPHONE DAN ELEKTRONIK MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : CV REY GASENDRA) Data Analysis of Mobile Phone and Electronic Sales using Apriori Algorithm (Case Study : CV Rey Gasendra). Technical Report. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

[img] Text (full skripsi)
skripsi17313084.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (pendahuluan)
b117313084.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (abstrak)
abstrak17313084.pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar_pustaka17313084.pdf - Bibliography

Download (146kB)

Abstract

Metode Market Basket Analysis dapat digunakan untuk menganalisa pola belanja konsumen. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan yang kemudian diolah untuk mendapatkan informasi dari kumpulan data transaksi tersebut. CV Rey Gasendra merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan perangkat mobile atau smartphone dan elektronik yang berada di Kota Bandar Lampung. Toko ini belum mengetahui pola belanja pada keranjang belanja konsumen. Algoritma yang digunakan yaitu algoritma apriori, penerapan algoritma apriori dapat membantu menemukan jenis perangkat handphone dan berang elektronik yang paling sering terjual secara bersamaan yang nantinya akan digunakan sebagai acuan persediaan barang. Dari hasil pengujian yang dilakukan yaitu dengan membandingkan antara perhitungan secara manual dengan perhitungan yang dilakukan menggunakan tools rapidminer dengan 100 data sampel menghasilkan hasil yang sama yaitu terdapat lima belas rules. Setelah mengetahui pola belanja konsumen yang terjadi pada CV Rey Gasendra maka penulis menyarankan kepada pemilik toko agar menyediakan stok lebih banyak untuk item Tempered Glass dan Bracket TV Standar karena selama periode Desember 2020 sampai dengan Februari 2021 item tersebut paling laku terjual dengan kombinasi barang lainnya yaitu handphone dan televisi. Strategi yang dapat dilakukkan setelah mengetahui pola belanja konsumen tersebut yaitu dengan menawarkan barang yang kemungkinan yang akan dibeli secara bersamaan.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web
TEKNOLOGI INFORMASI > Aplikasi Berbasis Web

SISTEM INFORMASI (D3) > SISTEM PENGOLAHAN DATA
SISTEM INFORMASI (D3) > ANALISIS APLIKASI E-MARKETING
Laporan PKL
SASTRA INGGRIS
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1 Teknologi Informasi
Depositing User: Asep Haikal Kurniawan S.IP., M.A
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:44
Last Modified: 02 Dec 2021 03:44
URI: http://repository.teknokrat.ac.id/id/eprint/3077

Actions (login required)

View Item View Item